Implementasi Spelling Bee terhadap Kosakata Bahasa Prancis A1 dan Motivasi Mahasiswa
Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas teknik Spelling Bee dalam meningkatkan penguasaan kosakata bahasa Prancis tingkat A1 serta menggali persepsi mahasiswa terhadap penerapan teknik tersebut. Penelitian menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 28 mahasiswa semester dua Program Studi Pariwisata Universitas Garut. Instrumen yang digunakan meliputi pre-test, post-test, dan angket tertutup. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata post-test mahasiswa mencapai 80,5, yang tergolong dalam kategori baik. Selain itu, data kuesioner menunjukkan bahwa seluruh responden merasa terbantu dalam mengingat kosakata melalui teknik Spelling Bee. Mayoritas mahasiswa juga menyatakan bahwa teknik ini menyenangkan, memotivasi, dan membuat proses belajar menjadi lebih aktif. Kendala yang dihadapi mahasiswa mencakup perbedaan antara pelafalan dan penulisan, serta keterbatasan kosakata. Secara keseluruhan, teknik Spelling Bee dinilai efektif untuk diintegrasikan dalam pembelajaran bahasa asing sebagai strategi yang memadukan latihan kognitif dan suasana belajar yang menyenangkan.
Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
Bagustian, R. A. (2023). The Effectiveness of Spelling Bee Game in Teaching Vocabulary (Bachelor Thesis). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/71718
Kodirovna, O, S., (2020). Using The Game As One of The Methods to Increase The Effectiveness of A Foreign Language Lesson, 3(XII), 117-118. International Journal on Integrated Education.
Larousse. (2018). Dictionnaire de la Langue Française. Paris: Larousse.
MacMillan. (2012). Spelling Bee Handbook. New York : Macmillan Publisher Ltd.
Nation, I. S. P. (2013). Learning Vocabulary in Another Language (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
Rukminingsih,dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitataif dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Erhaka Utama.
Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.
- Arikunto, S. (2008). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
- Arikunto,S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta.
- Bagustian, R. A. (2023). The Effectiveness of Spelling Bee Game in Teaching Vocabulary (Bachelor Thesis). Retrieved from https://repository.uinjkt.ac.id/dspace/handle/123456789/71718
- Kodirovna, O, S., (2020). Using The Game As One of The Methods to Increase The Effectiveness of A Foreign Language Lesson, 3(XII), 117-118. International Journal on Integrated Education.
- Larousse. (2018). Dictionnaire de la Langue Française. Paris: Larousse.
- MacMillan. (2012). Spelling Bee Handbook. New York : Macmillan Publisher Ltd.
- Nation, I. S. P. (2013). Learning Vocabulary in Another Language (2nd ed.). Cambridge: Cambridge University Press.
- Rukminingsih,dkk. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitataif dan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta : Erhaka Utama.
- Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kulaitatif, R&D. Bandung : Alfabeta.