Pengaruh Manajemen Personalia Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa
DOI:
https://doi.org/10.23960/pdg.v11i2.680Keywords:
manajemen, kinerja, guru, hasil belajarAbstract
Pengaruh Manajemen Personalia Guru Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Siswa adalah artikel ilmiah yang bertujuan untuk mengetahui tentang pengaruh manajemen personalia guru terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah SLR (Systematic Literature Review). Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen personalia guru sangat berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengidentifikasi beberapa faktor kunci dalam manajemen personalia, seperti rekrutmen, pelatihan, dan pengembangan profesional guru, yang berkontribusi pada peningkatan kualitas pengajaran. Selain itu, penelitian ini juga menemukan bahwa dukungan manajerial dan lingkungan kerja yang positif dapat meningkatkan motivasi dan kinerja guru, yang pada gilirannya berdampak positif pada hasil belajar siswa. Dengan demikian, rekomendasi untuk pengembangan kebijakan manajemen personalia guru di sekolah-sekolah sangat diperlukan untuk mencapai hasil belajar yang optimal.