Pengaruh Model Problem based learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik

Authors

  • Erni Mustakim Universitas Lampung
  • Siska Mega Diana Universitas Lampung
  • Loliyana Universitas Lampung
  • Dwi Safitri Universitas Lampung

DOI:

https://doi.org/10.23960/pdg.v11i2.708

Keywords:

hasil belajar, matematika, problem based learning, question card

Abstract

Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Pusat. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti pengaruh model problem based learning berbantuan media question card terhadap hasil belajar matematika peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah desain pre-eksperimental dengan desain one group pretestposttest design. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Penelitian ini menggunakan teknik sampling non probability sampling dengan jenis teknik purposive sampling dan populasi sebanyak 102 peserta didik dengan sampel 27 peserta didik. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes dan non tes. Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan pada penerapan model problem based learning berbantuan media question card terhadap hasil belajar matematika peserta didik kelas IV SD Negeri 1 Metro Pusat Semester Genap Tahun Ajaran 2022/2023.

Downloads

Published

28-05-2025

How to Cite

Mustakim, E., Diana, S. M. ., Loliyana, & Safitri, D. . (2025). Pengaruh Model Problem based learning Berbantuan Media Question Card Terhadap Hasil Belajar Matematika Peserta Didik . Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(2), 153–161. https://doi.org/10.23960/pdg.v11i2.708