https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/issue/feedPedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar2025-06-06T17:36:12+07:00Yoga Fernando Rizqiyoga.fernando@fkip.unila.ac.idOpen Journal Systems<p><strong>Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar</strong> is a peer-reviewed scientific journal published by PGSD Jurusan Ilmu Pendidikan (Unit Database dan Publikasi Ilmiah), Faculty of Teacher Training and Education, University of Lampung, in Collaboration with ISPI. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar is reviewing policies as follows: 1. At least two peer reviewers will review every submitted paper. 2. Authors are also unaware of the identity of reviewers (Blind Peer Reviews). 3. Reviewing process will consider novelty, objectivity, method, scientific impact, conclusion, and references. The article evaluation process will take approximately three months, and the acceptance or rejection decision will be delivered to authors via email and OJS. The articles must not be published elsewhere.</p> <p>E-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/20210805191036954" target="_blank" rel="noopener"><span lang="EN-US">2807-1735</span></a><br />P-ISSN: <a href="https://issn.brin.go.id/terbit/detail/1333286480" target="_blank" rel="noopener"><span lang="EN-US">2086-2393</span></a><br />DOI : <a href="https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/index">http://dx.doi.org/10.23960/pdg</a><br />Frequency : April & October</p>https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/704Analisis Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa Mi Nu Raudlatus Shibyan 02 Kelas VI Pada Meteri AKM Pecahan Berdasarkan Prosedur Polya2025-05-27T13:26:52+07:00nur atikah202233270@std.umk.ac.idKhildatul IzzaKhildatulizza@gmail.comeka zuliana2022332700@std.umk.ac.id<p>Penelitian terhadap keterampilan pemecahan masalah siswa kelas VI dalam menyelesaikan masalah matematika khususnya pecahan menunjukkan bahwa keterampilan siswa secara umum lemah. Observasi terhadap keempat subjek menunjukkan bahwa hanya satu siswa (kelas 85) yang mempunyai kemampuan tinggi dan mampu memahami soal, menyusun rencana, menyelesaikan tugas, dan menarik kesimpulan. Kemampuan siswa sedang (skor 75); mampu memahami soal dan merumuskan rencana, namun belum mampu mengambil kesimpulan yang benar. Dua siswa lainnya memiliki keterampilan yang lebih lemah (skor 45 dan 40), tidak mampu memahami dan menyelesaikan masalah dengan baik, serta kesulitan menerapkan konsep aritmatika dan pecahan. Analisis lebih lanjut mengungkapkan bahwa banyak siswa masih memerlukan pengajaran dan latihan intensif untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah mereka, terutama pada tahap desain solusi dan evaluasi. Hasil ini menunjukkan bahwa diperlukan perhatian lebih lanjut untuk meningkatkan keterampilan pemecahan masalah siswa. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menilai kemampuan pemecahan masalah matematis siswa dengan menggunakan soal kalkulus pecahan AKM. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif yang dilakukan pada 4 dari 20 siswa kelas V MI Raudlatus Shibyan. Data didapatkan melalui tes dan wawancara. Penelitian menunjukkan bahwa siswa masih kesulitan dalam memahami konsep pecahan, mengembangkan rencana penyelesaian yang tepat, melakukan perhitungan, dan memeriksa ulang jawaban. Pendekatan Polya membantu siswa mengurutkan dan juga mengatur langkah- langkah pemecahan masalah mereka.</p>2025-06-06T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasarhttps://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/702Pengaruh Media Ajar Scramble Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar2025-05-27T12:49:08+07:00maulida prima dianty202233266@std.umk.ac.idIntan Nur Ainiintannur@gmail.comAndini Larasatiandinilarasati@gmail.comSekar Dwi Ardiyantisekardwi@gmail.comErik Aditya Ismayaerikaditya@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan one group Pre-Test Post-Test design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca, kemudian dianalisis menggunakan paired sample T test dengan bantuan IBM SPSS. Berdasarkan metode analisis data yang digunakan, Sig Asymp (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai t hitung sebesar 22,770 > t tabel 1,7640. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima. Hal tersebut berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan setelah penerapan metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak.</p>2025-06-06T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasarhttps://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/705Analisis Pelaksanaan Kegiatan Pramuka Penggalang di SDN Kedungkandang 2 Kota Malang2025-05-27T13:35:53+07:00cesil putri ariyundacesil.putri.2201516@um.ac.idYuris Indria Persadayurisindria@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan kegiatan pramuka golongan penggalang di SDN Kedungkandang 2, Kota Malang. Fokus pelaksanaan yang diteliti yaitu pelaksanaan kegiatan, faktor pendukung dan kendala dalam kegiatan pramuka. Kegiatan pramuka di sekolah dasar berperan penting dalam pembentukan karakter siswa melalui nilai-nilai kepramukaan seperti patriotisme, nasionalisme, cinta sesame dan cinta lingkungan sejak dini. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan analisis dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun pelaksanaan kegiatan pramuka dilaksanakan dengan baik dan mendapat respon positif dari siswa, terdapat beberapa kendala, seperti kurangnya jumlah pembina dan fasilitas yang kurang memadai. Kegiatan pramuka diharapkan dapat terus dikembangkan untuk meningkatkan karakter dan keterampilan sosial siswa, serta memberikan kontribusi positif bagi pembentukan generasi muda yang berakhlak mulia.</p>2025-06-06T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasarhttps://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/703Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa di Sekolah Dasar2025-05-27T13:08:33+07:00dia ayu nuril hidayah202233275@std.umk.ac.idKhildatul IzzaKhildatulizza@gmail.comindah wulandariindahwulandari@gmail.comSekar Dwi Wulandarisekardwi@gmail.comErik Aditia Ismayaerikaditya@gmail.com<p>Pendidikan adalah proses pembelajaran yang melibatkan pengembangan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan kebiasaan yang dilakukan melalui pengajaran, pelatihan, penelitian, atau pengalaman. Ilmu Pengetahuan Sosial sebuah pembelajaran yang memadukan fakta, peristiwa, konsep dan generalisasi yang mengkaji bagaimana hubungan manusia dengan sesama di lingkungan sendiri. Proses pengembangan IPAS tidak hanya diarahkan pada kompetensi yang berkaitan dengan intelektual. Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial (IPAS) merupakan ilmu pengetahuan yang mengkaji tentang makhluk hidup dan benda mati serta interaksi dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu sekaligus sebagai makhluk sosial yang berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan pembelajaran yang dicapai oleh siswa kelas empat melalui pembelajaran IPAS dapat diukur melalui prestasi belajar, pentingnya penerapan penggunaan media audio visual terhadap pembelajaran IPAS pada siswa di SD N Sidokerto 3 guna mendukung proses perkembangan pendidikan mengikuti era sekarang.</p>2025-06-06T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasarhttps://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/701Systematic Literature Review: Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Melalui Model Pembelajaran Jigsaw2025-05-27T12:38:59+07:00fida hamidahfida.hamidah.2201516@students.um.ac.idCandra utamaCandrautama@gmail.com<p>Efektivitas model pembelajaran dalam membangkitkan minat dan motivasi siswa merupakan salah satu faktor fundamental yang menunjang keberhasilan proses belajar mengajar. Hal ini juga berlaku pada pembelajaran bahasa Indonesia, di mana model pembelajaran yang tepat dapat membantu mencegah kebosanan dan meningkatkan hasil belajar siswa. Salah satu model pembelajaran yang dinilai efektif untuk mengatasi kebosanan siswa adalah model jigsaw. Model ini mendorong siswa untuk belajar secara aktif dan kolaboratif, sehingga dapat meningkatkan keterlibatan dan motivasi mereka dalam belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji literatur terkait peningkatan hasil belajar bahasa Indonesia melalui implementasi model pembelajaran tipe jigsaw. Metode Systematic Literature Review (SLR) diterapkan dalam penyusunan artikel penelitian ini. Data penelitian diperoleh dari review artikel tentang penggunaan model jigsaw yang diterbitkan dalam kurun waktu 2019-2024. Sebanyak 9 artikel yang diperoleh dari Google Scholar dan relevan dengan topik penelitian dianalisis untuk mendapatkan data yang akurat. Berdasarkan hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model jigsaw memiliki potensi untuk diterapkan pada pembelajaran bahasa Indonesia dan dapat meningkatkan hasil belajar siswa.</p>2025-06-06T00:00:00+07:00Copyright (c) 2025 Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar