PENINGKATAN KEMAMPUAN MENGEMBANGKAN MODUL AJAR GURU BAHASA INGGRIS DI LAMPUNG DALAM PENERAPAN KURIKULUM MERDEKA BELAJAR
Abstract:
In Lampung province , many schools have implemented the new curriculum, called “Kurikulum Merdeka”. However, based on the discussion of some senior English teachers, most of teachers still have problems in understanding the components or concepts found in this curriculum, especially on the lesson plan (modul ajar). The objectives of this training are: (1) to improve the teachers’ knowledge in understanding the concepts of the components found in a modul ajar, and (2) to enable the teachers to create a modul ajar. The methods used in this training are; lecturing, demonstration , group work, and individual task. Based on the training process and individual task, it shows that the teachers’ knowledge in understanding the concepts of the components in the modul ajar is better because the teachers were given chance to analyse each concept provided in the model.
Kegiatan pelatihan peningkatan profesi guru bahasa Inggris tingkat sekolah menengah dalam penerapan Kurikulum Merdeka Belajar bertujuan untuk ; (1) meningkatkan pengetahuan guru Bahasa Inggris tentang modul ajar Bahasa Inggris sekolah menengah sesuai Panduan Kurikulum Merdeka, dan (2), meningkatkan ketrampilan dalam merancang modul ajar pembelajaran bahasa Inggris yang selaras dengan Kurikulum Merdeka Belajar. Metode dalam pelatihan ini adalah, ceramah, demonstrasi berupa pemodelan, workshop dan tugas individu. Dari proses pelatihan dan tugas individu dapat disimpulkan bahwa sebagian besar peserta pelatihan memiliki pemahaman yang sangat baik dan baik dalam pengetahuan tentang konsep kurikulum merdeka dan keterampilan terkait modul ajar dalam kurikulum merdeka. Pengetahuan peserta tentang konsep kurikulum 2013 dan proses pelatihan membantu peserta memahami dan merancang komponen-komponen yang ada pada modul ajar.