PENDAMPINGAN CALON GURU BAHASA LAMPUNG MENUJU KINERJA YANG PROFESIONAL

Published: Nov 17, 2023

Abstract:

Pelatihan pendampingan untuk calon guru bahasa Lampung menjadi fokus dalam kegiatan ini. Pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan, wawasan, dan pemahaman kepada para calon guru bahasa Lampung tentang pelaksanaan model pembelajaran untuk mata pelajaran Bahasa Lampung yang perlu mengikuti karakteristik pembelajaran abad 21 salah satunya adalah berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Metode yang digunakan adalah metode tatap muka langsung dengan sifat terbimbing dalam memberikan pelatihan kepada para peserta. Teknis pelaksanaan terdiri atas beberapa tahapan dimulai dari pemberian tes awal, pemberian konsep dasar materi pelatihan, praktik menyusun sintax dari model-model pembelajaran abad 21, dan pemberian post-tes. Luaran yang diharapkan melalui pelatihan ini adalah tersusunnya dokumen dalam pelaksanaan setiap model pembelajaran yang dipilih berisi sintax-sintax dari berbagai model pembelajaran yang berorientasi pada keterampilan berpikir tingkat tinggi. Penyusunan sintax dari model pembelajaran tersebut disesuaikan dengan KD yang dipilih.

The focus of this activity is the mentoring training for prospective Lampung language teachers. The aim of this training is to provide knowledge, insights, and understanding to these prospective teachers about implementing learning models for Lampung language subjects that need to align with the characteristics of 21st-century learning, one of which is being oriented towards Higher-Order Thinking Skills. The method employed involves face-to-face sessions with guided aspects to train the participants. The technical implementation comprises several stages starting from an initial test, providing basic concepts of the training material, practicing the arrangement of syntax from various 21st-century learning models, and concluding with a post-test. The expected outcome of this training is the development of documents for each selected learning model containing syntaxes oriented towards higher-order thinking skills. The arrangement of syntaxes from these learning models is adjusted according to the selected learning outcomes.

Keywords:
1. pendampingan
2. calon guru bahasa Lampung
3. kinerja profesional
Authors:
1 . Farida Ariyani
2 . Eka Sofia Agustina
3 . Alek Zulta Anggara
4 . Andini Dara Ananti
How to Cite
Ariyani, F., Agustina, E. S., Anggara, A. Z., & Ananti, A. D. (2023). PENDAMPINGAN CALON GURU BAHASA LAMPUNG MENUJU KINERJA YANG PROFESIONAL. SIGER : JURNAL PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT, 1(1), 32–38. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/siger/article/view/75