Pengaruh Media Ajar Scramble Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar

Authors

  • maulida prima dianty Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus
  • Intan Nur Aini Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus
  • Andini Larasati Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Ardiyanti Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditya Ismaya Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Muria Kudus

Keywords:

scramble, kemampuan membaca

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak. Jenis penelitian ini adalah pre experimental design dengan desain penelitian yang digunakan one group Pre-Test Post-Test design. Sampel dari penelitian ini adalah siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, yang berjumlah 20 siswa. Metode pengumpulan data dilakukan dengan tes membaca, kemudian dianalisis menggunakan paired sample T test dengan bantuan IBM SPSS. Berdasarkan metode analisis data yang digunakan, Sig Asymp (2-tailed) sebesar 0,000 dan nilai t hitung sebesar 22,770 > t tabel 1,7640. Oleh karena itu Ho ditolak dan Ha diterima.  Hal tersebut berarti terdapat pengaruh positif yang signifikan setelah penerapan metode pembelajaran scramble terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SD Negeri Gajah 1, Kecamatan Gajah, Kabupaten Demak.

Downloads

Published

06-06-2025

How to Cite

dianty, maulida prima, Aini, I. N., Larasati, A., Ardiyanti, S. D., & Ismaya, E. A. (2025). Pengaruh Media Ajar Scramble Untuk Kemampuan Membaca Permulaan Peserta Didik Kelas 1 Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2). Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/702