Pragmatik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa

Published: Jan 29, 2025

Abstract:

This study emphasizes that learning Indonesian should include the use of language in a social context, not just grammar and vocabulary. The purpose of the study is to explain the importance of pragmatic aspects in language teaching and how this improves students' communication skills. The method used is interviews, which show that pragmatic elements such as speech acts and politeness principles can improve the effectiveness of students' communication. Interviews show that understanding pragmatics helps students convey messages appropriately and politely. In addition, learning strategies involving simulations and digital media encourage students to think critically and understand hidden meanings. This study emphasizes the importance of contextual teaching strategies to support students' communication skills in everyday life and academics.

Penelitian ini menekankan bahwa belajar Bahasa Indonesia harus mencakup penggunaan bahasa dalam konteks sosial, bukan hanya tata bahasa dan kosakata. Tujuan kajian adalah menjelaskan pentingnya aspek pragmatik dalam pengajaran bahasa dan bagaimana hal ini meningkatkan keterampilan komunikasi siswa. Metode yang digunakan adalah wawancara, yang menunjukkan bahwa elemen pragmatik seperti tindak tutur dan prinsip kesantunan dapat meningkatkan efektivitas komunikasi siswa. Wawancara menunjukkan bahwa pemahaman pragmatik membantu siswa menyampaikan pesan dengan tepat dan sopan. Selain itu, strategi pembelajaran yang melibatkan simulasi dan media digital mendorong siswa untuk berpikir kritis dan memahami makna tersembunyi. Penelitian ini menegaskan pentingnya strategi pengajaran kontekstual untuk mendukung keterampilan komunikasi siswa di kehidupan sehari-hari dan akademik.

Keywords:
1. Bahasa Indonesia
2. komunikasi
3. pragmatik
Authors:
1 . Yudha Dwi Purwanti
2 . Farida Yufarlina
3 . Berlian Pancarrani
How to Cite
Purwanti, Y. D., Yufarlina, F., & Pancarrani, B. (2025). Pragmatik dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia: Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Siswa. Saka Bahasa: Jurnal Sastra, Bahasa, Pendidikan, Dan Budaya, 2(1), 21–27. https://doi.org/10.23960/sakabahasa.v2i1.785