ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS X MA BERBASIS KURIKULUM 2013 KARYA CHOIRUL ANSORI 2015

Published: May 28, 2025

Abstract:

From the review that has been conducted on the Arabic textbook for class X MA by Choirul Ansori based on the 2013 curriculum, that this book is one of the most important textbooks for students at the Madrasah Aliyah level. So that the author feels the need to evaluate to find out both the material, design, and the extent to which the content of the material in this book presents an effective learning concept for students. This analysis includes several important aspects, namely: (1) the suitability of the material presented in the book with the basic competencies and achievement indicators set in the curriculum, (2) the learning methods used in the book, and (3) the effectiveness of the book in supporting the Arabic language learning process at Madrasah Aliyah level. This research uses a qualitative approach with library research to analyze the concept of this textbook. The results of the study explain that this book focuses on four maharah developments, namely kalam, qiro'ah, kitabah, and istima'. However, this book is packaged and then divided into several materials, such as hiwar, qowa'id, mufrodat, and accompanied by exercises related to the material in the chapter. While the 2013 curriculum is a set of guidelines implemented in Indonesia which is used as a reference in educational units to achieve the desired goals. This curriculum was introduced by the minister of education with the aim that students do not only focus on academic values at school, but also on their academic performance.

Dari telaah yang telah dilakukan pada buku ajar bahasa Arab kelas X MA karya Choirul Ansori berbasis kurikulum 2013, bahwa buku ini adalah salah satu buku ajar yang sangat penting bagi siswa di tingkat Madrasah Aliyah. Sehingga penulis merasa perlu mengevaluasi untuk mengetahui baik itu materi, desain, serta sejauh mana isi materi dalam buku ini menyajikan konsep pembelajaran yang efektif bagi siswa. Analisis ini mencakup beberapa aspek penting, yaitu: (1) kesesuaian materi yang disajikan dalam buku dengan kompetensi dasar dan indikator pencapaian yang ditetapkan dalam kurikulum, (2) metode pembelajaran yang digunakan dalam buku, serta (3) efektivitas buku dalam mendukung proses pembelajaran bahasa Arab di tingkat Madrasah Aliyah. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan studi kepustakaan (library research) untuk menganalisis konsep buku ajar ini. Hasil penelitian menjelaskan bahwa buku ini berfokus kepada empat pengembangan maharah, yaitu kalam, qiro’ah, kitabah, dan istima’. Akan tetapi dalam buku ini di kemas kemudian di bagi lagi ke dalam beberapa materi, seperti hiwar, qowa’id, mufrodat, dan disertai latihan-latihan terkait materi pada bab tersebut. Sedangkan kurikulum 2013 adalah seperangkat pedoman yang diterapkan di Indonesia yang dijadikan sebagai acuan dalam satuan pendidikan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Kurikulum ini di kenalkan oleh mentri pendidikan dengan tujuan agar siswa tidak hanya berfokus kepada nilai-nilai akademik di sekolah, akan tetapi juga mengimplementasikan pengembangan karakter seperti nilai moral dan etika, serta sikap positif yang di perlukan dalam penerapan di kehidupan sehari-hari.

Keywords:
1. Analysis
2. Curriculum
3. Textbook
Authors:
1 . Dian Afrilianti
2 . Muhaiban
How to Cite
Afrilianti, D., & Muhaiban. (2025). ANALISIS BUKU AJAR BAHASA ARAB KELAS X MA BERBASIS KURIKULUM 2013 KARYA CHOIRUL ANSORI 2015. JURNAL SELAKSA MAKNA, 1(2), 67–75. https://doi.org/10.23960/selaksamakna.v1i2.672