Penggunaan Video Animasi Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan Bahasa Indonesia Di SD

Published: Apr 23, 2024

Abstract:

Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar tematik muatan Bahasa Indonesia kelas III SD Negeri 10 Metro Timur. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penggunaan video animasi pada pembelajaran tematik bermuatan Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen. Desain eksperimen yang digunakan ialah Quasi Experimental Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas III di SD Negeri 10 Metro Timur yang berjumlah 55 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah Non-probability Sampling sebanyak 27 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan tes. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan uji N-gain dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan peningkatan hasil belajar dilihat dari N-Gain kelas eksperimen yang memperoleh hasil sebesar 75,78% kategori “tinggi”. Hasil uji hipotesis dari uji t, setelah mendapatkan perlakuan diperoleh nilai signifikansi (2-tailed) sebesar 0,00<0,05, sehingga terdapat efektivitas yang signifikan terhadap penggunaan video animasi pada pembelajaran tematik bermuatan Bahasa Indonesia.

The problem in this study was the low learning outcomes of thematic learning of Indonesian language content in third grade of SD Negeri 10 Metro Timur. The purpose of this study was to determine the effectiveness of using animated videos in thematic learning with Indonesian language content. This type of research uses a quantitative approach with experimental methods. The experimental design used was Quasi Experimental Design. The population in this study were all third grade students at SD Negeri 10 Metro Timur, totaling 55 people. The sampling technique used in this study was Non-probability Sampling of 27 people. Data collection techniques using tests. The data analysis technique in this study used the N-gain test and t test. The results showed an increase in learning outcomes seen from the N-Gain of the experimental class which obtained a result of 75.78% in the "high" category. The results of hypothesis testing from the t test, after getting the treatment obtained a significance value (2-tailed) of 0.00<0.05, so there is a significant effectiveness of the use of animated videos on thematic learning with Indonesian language content.

Keywords:
1. animated video
2. learning outcomes
3. thematic learning
Authors:
Siska Mega Diana
How to Cite
Diana, S. M. (2024). Penggunaan Video Animasi Pada Pembelajaran Tematik Bermuatan Bahasa Indonesia Di SD. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 12(1 April), 136–142. https://doi.org/10.23960/kata.v12i1 April.121