PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI
Abstract:
This study aims to children's language acquisition at the age of 3-6 years in tarakhaini village, gunungsitoli alo'oa sub-district, Gunungsitoli city. The research is a qualitative descriptive research. After conducting research on language acquisition in children aged 3-6 years from the aspect of phonology, it is known that the ability of children in language is very diverse, therefore regarding language acquisition is greatly influenced by family and also the environment. The results of this study show that the syntactic acquisition of children aged three to six years has obtained sentence formation such as imperative, interrogative, interjective, single and compound sentences. Then, children have been able to acquire good syntactic structures, such as categories, functions, phrases, clauses, and affixes. In addition, there is a great influence between the language acquisition process. The purpose of this study is to describe the semantic acquisition of children aged 3-6 years and the stages of semantic acquisition of children aged 3-6 years. This type of research method is qualitative with decriftive methodology. The research technique is direct listening, other journal sources, sources from the library, underlining giving explanations based on the type of language acquisition and providing conclusions from the analysis of the data studied.
Penelitian ini, bertujuan untuk Pemerolehan bahasa anak pada usia 3-6 Tahun di desa tarakhaini kecamatan gunungsitoli alo’oa kota Gunungsitoli. Penelitian merupakan penelitian dekriptif kualitatif. Setelah dilakukannya penelitian pemerolehan bahasa pada anak usia 3-6 tahun dari aspek fonologi, diketahui bahwa kemampuan anak dalam berbahasa memang sangat beragam, maka dari itu mengenai pemerolehan bahasanya sangatlah dipengaruhi oleh keluarga dan juga lingkungan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pemerolehan sintaksis anak usia tiga sampai enam tahun telah memperoleh pembentukkan kalimat seperti kalimat imperatif, interogatif, interjektif, tunggal dan majemuk. Kemudian, anak telah mampu memperoleh struktur sintaksis yang baik, seperti kategori, fungsi, frase, klausa, dan afiks. Selain itu, terdapat pengaruh yang besar antara proses pemerolehan bahasanya. Tujuan dari penelitian ini adalah menggambarkan pemerolehan semantik anak usia 3-6 tahun beserta tahap pemerolehan semantic anak usia 3-6 tahun. Jenis metode penelitian ini kualitatif dengan metodologi dekriftif. Teknik penelitian yaitu pendengaran secara langsung, sumber jurnal lain, sumber dari perpustakaan, menggaris bawahi memberi penjelasan berdasarkan jenis pemerolehan bahasa dan memberikan kesimpulan dari analisis data yang diteliti.
Most read articles by the same author(s)
- Ester Claryta Telaumbanua, Imansudi Zega, Mastawati Ndruru, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM HENDRI-HENDRI PADA TRADISI PERNIKAHAN ADAT NIAS (KAJIAN PRAGMATIK) , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Agnes Linda Astuti Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Lestari Waruwu, ANALISIS ACARA FANGOTOME’Ö SATUA PADA BUDAYA NIAS DI ÖRI LARAGA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Frengki Faebua Dodo Daeli, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, Riana Riana, ANALISIS NILAI BUDAYA NIAS FAME’E FANGASI SETELAH ACARA PEMAKAMAN DI DESA EHOSAKHOZI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Tati Murni Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, ANALISIS KESALAHAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Fany Erlinawati Hulu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, LEKSIKON METAFORIS DALAM SYAIR MAENA PERNIKAHAN DI DESA HAREFANAESE KECAMATAN ALASA TALUMUZOI KABUPATEN NIAS UTARA: EKOLINGUISTIK , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Loriewina Zalukhu, Mastawati Ndruru, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, STRUKTUR SUKU KATA KERJA DALAM BAHASA NIAS UTARA: KAJIAN FONOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Penunjuk Jalan Gulo, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “LEMBARAN TERABAIKAN” KARYA NOIBE HALAWA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ferdiaman Zalukhu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PESTA PERNIKAHAN DI NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya