PEMANFAATN MEDIA AUDIO LINGUAL TERHADAP PEMAHAMAN MAHARAH ISTIMA’ MAHASISWA STEI PERMATA BOJONEGORO
Abstract:
Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan deskriptif. Tentang hasil penelitian dari implementasi media audio lingual dalam meningkatkan maharah istima mahasiswa. Dalam mengumpulkan datanya peneliti menggunakan teknik observasi dan wawancara, diantaranya wawancara dengan guru pengampu mata kuliah tersebut. Serta peneliti menggunakan analisis data yang dilakukan secara terus-menerus selama melakukan proses penelitian dengan reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan. Menurut observasi yang peneliti dapatkan, ada beberapa macam media yang digunakan dalam pembelajaranny. Khususnya untuk ketrampulan istima’ dalam bahasa arab guru memberikan teks yang belum lengkap, dan nantinya siswa diberi tugas untuk melengkapi teks dengan mendengarkan audio yang di putarkan. Dengan demikian siswa dapat melatih tertutama dalam kemahiran mengungkapkan kata sesuai dengan apa yang diperdengar atau biasa disebut dengan maharah istima’.
In collecting the data, the researcher used observation and interview techniques, including interviews with the teacher in charge of the subject. And researchers used data analysis that was carried out continuously during the research process by reducing data, presenting data, and drawing conclusions. According to the observations that the researchers got, there are several kinds of media used in learning. Especially for istima' skills in Arabic the teacher gives an incomplete text, and later students are given the task of completing the text by listening to the audio that is played. Thus students can train especially in the ability to express words according to what is heard or commonly called maharah istima '.