Desain Materi Ajar Bahasa Prancis SMA Menggunakan Media Animasi Toontastic 3D

Published: Dec 27, 2024

Abstract:

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan konstruktivisme dalam pembelajaran Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan pengembangan materi ajar bahasa Prancis dengan topik "Demander et Proposer des Opinions" serta mengevaluasi efektivitas penggunaan media animasi 3D Toontastic di SMAN 3 Medan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan (R&D) dengan mengacu pada model R&D Borg dan Gall, yang mencakup sepuluh tahapan: (1) penelitian dan pengumpulan informasi; (2) perencanaan; (3) pembuatan prototipe produk; (4) uji coba lapangan awal; (5) revisi produk utama; (6) uji coba lapangan utama; (7) uji coba operasional; (8) revisi akhir produk; (9) penyebaran; dan (10) impementasi. Namun, dalam penelitian ini, tahapan pengembangan disederhanakan menjadi tiga tahap, yaitu penelitian dan pengumpulan data, perencanaan (design), dan pengembangan produk. Tahap pertama adalah menganalisis kebutuhan siswa dengan cara menganalisis materi, melakukan observasi, memberikan pre-test, dan melakukan wawancara dengan guru serta siswa. Tahap kedua adalah perencanaan, yang meliputi pengumpulan materi ajar yang relevan dengan topik "Demander et Proposer des Opinions" dari berbagai sumber, seperti buku-buku methode bahasa Prancis, YouTube, dan Internet. Tahap ketiga adalah pengembangan materi pembelajaran dengan topik "Demander et Proposer des Opinions" menggunakan media animasi Toontastic 3D, yang kemudian divalidasi oleh ahli konten dan ahli media. Data penelitian menggunakan metode kuantitatif deskriptif dan kualitatif. Hasil uji validasi menunjukkan bahwa materi dinilai layak dengan skor 87%, sedangkan media memperoleh skor 94%. Dapat disimpulkan bahwa materi dan media yang dikembangkan dianggap sesuai untuk pengajaran bahasa Prancis di SMAN 3 Medan.

Keywords:
1. Materi ajar
2. Meminta dan memberikan pendapat
3. Media animasi Toontastic 3D
Authors:
1 . Julia Lumbantoruan
2 . Tengku Ratna Soraya
How to Cite
Lumbantoruan, J., & Soraya, T. R. (2024). Desain Materi Ajar Bahasa Prancis SMA Menggunakan Media Animasi Toontastic 3D. PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis), 7(1), 10–21. https://doi.org/10.23960/pranala.v7i1.829
References

    Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.

    Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran IPS tentang Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. Journal of Information and Computer Technology Education, 1-7. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2531617

    Feni. (2014). Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: PT Refika Aditama

    Fikri, H., & Sri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru Bada.

    Fitria, Y., & Widya. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: Deepublish.

    Huda, A., & Noper, A. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP Press.

    Ibrahim, A., Haq, A., Madi, Baharuddin, A. M., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gowa: Gunadarma Ilmu.

    Khuluqo, I., & Istrayatiningtias. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. CV Feniks Muda Sejahtera.

    Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.

    Nair, V., & Melor, Y. (2022). Using Digital Storytelling to Improve Pupils' Speaking Skills in the Age of COVID-19. Sustainability, 1-20

    Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press

    Raj, W. (2022). Promoting Students’ Speaking Fluency and Social Collaboration through Toontastic 3D. Penang English Language Learning and Teaching Association, 23-41.

    Ramdani, P., & Rinda, F. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka.

    Ramli, M. (2012). Media Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.

    Sam, I., & Hasim, H. (2022). Pupils’ Perceptions on the Adoption and Use of Toontastic 3D, a Digital Storytelling Application for Learning Speaking Skills. Creative Education, 562-582.

    Setiakemala, S. (2019). Teknik Wawancara dalam Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Prancis. Jurnal Sora, 31-39.

    Simarmata, J., Ganda, C., & Silalahi, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

    Simatupang, G., Novferma, Mujahidawati, Romudza, F., Frianto, A., & Putri, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Film Animasi Menggunakan Aplikasi Toontastic 3D untuk Mendukung Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 234-250.

    Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

    Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Mataram: Sanabil.

    Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.

    Tomlinson, B. (2013). Developing Materials for Language Teaching. London: Bloomsbury Academic

    Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.

  1. Abidin, Y. (2012). Pembelajaran Bahasa Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: PT Refika Aditama.
  2. Ayuningsih, K. (2017). Pengaruh Video Animasi terhadap Hasil Belajar Kognitif pada Pembelajaran IPS tentang Menghargai Jasa Pahlawan di Kelas V SDN Sidokumpul Sidoarjo. Journal of Information and Computer Technology Education, 1-7. https://doi.org/10.5281/ZENODO.2531617
  3. Feni. (2014). Pendidikan Sekolah Dasar. Bandung: PT Refika Aditama
  4. Fikri, H., & Sri. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif. Yogyakarta: Samudra Biru Bada.
  5. Fitria, Y., & Widya. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran PBL Berbasis Digital untuk Meningkatkan Karakter Peduli Lingkungan dan Literasi Sains. Yogyakarta: Deepublish.
  6. Huda, A., & Noper, A. (2021). Teknik Multimedia dan Animasi. Padang: UNP Press.
  7. Ibrahim, A., Haq, A., Madi, Baharuddin, A. M., & Darmawati. (2018). Metodologi Penelitian. Gowa: Gunadarma Ilmu.
  8. Khuluqo, I., & Istrayatiningtias. (2022). Modul Pembelajaran Manajemen Pengembangan Kurikulum. CV Feniks Muda Sejahtera.
  9. Kosasih, E. (2021). Pengembangan Bahan Ajar. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
  10. Nair, V., & Melor, Y. (2022). Using Digital Storytelling to Improve Pupils' Speaking Skills in the Age of COVID-19. Sustainability, 1-20
  11. Prastowo, A. (2011). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: Diva Press
  12. Raj, W. (2022). Promoting Students’ Speaking Fluency and Social Collaboration through Toontastic 3D. Penang English Language Learning and Teaching Association, 23-41.
  13. Ramdani, P., & Rinda, F. (2021). Media Pembelajaran Animasi. Sukabumi: Farha Pustaka.
  14. Ramli, M. (2012). Media Teknologi Pembelajaran. Banjarmasin: IAIN Antasari Press.
  15. Sam, I., & Hasim, H. (2022). Pupils’ Perceptions on the Adoption and Use of Toontastic 3D, a Digital Storytelling Application for Learning Speaking Skills. Creative Education, 562-582.
  16. Setiakemala, S. (2019). Teknik Wawancara dalam Storytelling untuk Meningkatkan Keterampilan Berbicara dan Menyimak pada Pembelajaran Bahasa Prancis. Jurnal Sora, 31-39.
  17. Simarmata, J., Ganda, C., & Silalahi, T. (2019). Pengembangan Media Animasi Berbasis Hybrid Learning. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
  18. Simatupang, G., Novferma, Mujahidawati, Romudza, F., Frianto, A., & Putri, D. (2022). Pelatihan Pembuatan Film Animasi Menggunakan Aplikasi Toontastic 3D untuk Mendukung Minat Belajar Siswa SMP. Jurnal Pengabdian kepada Masyarakat, 234-250.
  19. Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
  20. Supardi. (2020). Landasan Pengembangan Bahan Ajar. Mataram: Sanabil.
  21. Surjono, H. (2017). Multimedia Pembelajaran Interaktif: Konsep dan Pengembangan. Yogyakarta: UNY Press.
  22. Tomlinson, B. (2013). Developing Materials for Language Teaching. London: Bloomsbury Academic
  23. Yuberti. (2013). Teori Pembelajaran dan Pengembangan Bahan Ajar dalam Pendidikan. Bandar Lampung: Anugrah Utama Raharja.