Efektivitas Penggunaan Permainan Sentences Stock Exchange untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca pada Siswa SMA Negeri 19 Medan
Abstract:
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan permainan Sentence Stock Exchange sebagai metode untuk meningkatkan kemampuan membaca pada siswa SMA Negeri 19 Medan. Penelitian ini mengidentifikasi masalah dalam pembelajaran bahasa siswa, terutama kesulitan mereka dalam memahami teks Prancis dan penguasaan kosa kata yang tidak memadai. Tantangan ini menghambat kemampuan siswa untuk memahami materi dan mengikuti pembelajaran dalam Bahasa Prancis. Populasi dalam penelitian ini seluruh siswa kelas XII SMA Negeri 19 Medan. Sampel terdiri dari 1 kelas yaitu kelas XII.1 sebagai kelas eksperimen yang berjumlah 30 siswa. Penelitian ini menggunakan metode eksperimen dengan pendekatan kuantitatif dan desain penelitian one group pretest posttest. Prosedur pelaksanaan penelitian ini adalah sebagai berikut: Pre-test, Treatment, Post-test. Setelah dilakukan Penelitian, diperoleh peningkatan hasil belajar yang signifikan. Yaitu dari rata-rata 51.16 pada pre-test menjadi nilai 81.43 pada post-test. Untuk mengetahui keefektifan penggunaan permainan Sentence Stock Exchange pada materi La Famille, maka dilakukan uji N-gain yang dihitung berdasarkan hasil pre-test dan post-test, dan diperoleh rata-rata hasil belajar siswa meningkat sebesar 67% jika dipadukan dengan tabel uji keefektifan media, maka 67% masuk dalam kategori efektif. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan permainan Sentence Stock Exchange efektif dalam meningkatkan kemampuan Membaca siswa kelas XI IPS SMAN 19 Medan. Penelitian ini akan memberikan wawasan berharga bagi pendidik yang mencari strategi inovatif untuk meningkatkan pengajaran bahasa dan mendukung siswa dalam mengatasi kesulitan belajar mereka.
Ade Andre payadnya, putu. dkk.2018.Panduan Penelitian Eksperimen beserta analisis Statistik. Deepublish:Yoyakarta
Agustina, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika secara Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Universitas Negeri Medan.
Andini, Deassy May, dan Endang Supardi. 2018. “Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 1.
Astuti, A. 2019. Prediksi Kondisi financial Distress Pada Perusahaan Delisting di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers
Damayanti, Lisa. 2019. Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Prancis melalui Teknik Permainan Sentence Stock Exchange (SSE) pada Peserta Didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Purworejo. https://eprints.uny.ac.id/63324/
Djaali, (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
Dr .Muhsyanur, M. (2019 ). Pengembangan Keterampilan Mmembaca . Yogyakarta Indonesia : Uniprima Press.
Handayani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu
Hapsari, E. D. (2019). "Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa". AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
Khotimah, H. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2. Nomor 2 (hlm. 116-123).
Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil
Mulyono, M. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Program Jam Baca Model Teras Pustaka Bagi Warga Sekolah SD 8 Kandangmas. Al Hikmah: Journal of Education, 2(2), 181-204.
- Ade Andre payadnya, putu. dkk.2018.Panduan Penelitian Eksperimen beserta analisis Statistik. Deepublish:Yoyakarta
- Agustina, I. (2020). Efektivitas Pembelajaran Matematika secara Daring di Era Pandemi Covid-19 terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Universitas Negeri Medan.
- Andini, Deassy May, dan Endang Supardi. 2018. “Kompetensi Pedagogik Guru Terhadap Efektivitas Pembelajaran Dengan Variabel Kontrol Latar Belakang Pendidikan Guru.” Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran 3, no. 1.
- Astuti, A. 2019. Prediksi Kondisi financial Distress Pada Perusahaan Delisting di Bursa Efek Indonesia. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta. Yogyakarta.
- Dalman, H. (2018). Keterampilan Menulis. Depok: Rajawali Pers
- Damayanti, Lisa. 2019. Peningkatan Keterampilan Membaca Bahasa Prancis melalui Teknik Permainan Sentence Stock Exchange (SSE) pada Peserta Didik kelas XI IPS 1 SMA Negeri 8 Purworejo. https://eprints.uny.ac.id/63324/
- Djaali, (2020) Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta Timur: PT Bumi Aksara.
- Dr .Muhsyanur, M. (2019 ). Pengembangan Keterampilan Mmembaca . Yogyakarta Indonesia : Uniprima Press.
- Handayani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. CV. Pustaka Ilmu
- Hapsari, E. D. (2019). "Penerapan Membaca Permulaan untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa". AKSARA: Jurnal Bahasa Dan Sastra, 20(1), 10–24. https://doi.org/10.23960/aksara/v20i1.pp10-24
- Khotimah, H. 2019. Faktor-Faktor yang Memengaruhi Belajar Matematika. Jurnal Pendidikan Matematika. Volume 2. Nomor 2 (hlm. 116-123).
- Muammar. (2020). Membaca Permulaan Di Sekolah Dasar. Mataram: Sanabil
- Mulyono, M. (2021). Implementasi Gerakan Literasi Sekolah Untuk Meningkatkan Minat dan Kemampuan Membaca Melalui Program Jam Baca Model Teras Pustaka Bagi Warga Sekolah SD 8 Kandangmas. Al Hikmah: Journal of Education, 2(2), 181-204.
Most read articles by the same author(s)
- Julia Lumbantoruan, Tengku Ratna Soraya, Desain Materi Ajar Bahasa Prancis SMA Menggunakan Media Animasi Toontastic 3D , PRANALA (Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis): Vol. 7 No. 1 (2024): PRANALA Jurnal Pendidikan Bahasa Prancis