MANAJEMEN KELAS: DEFINISI, TUJUAN, KEGIATAN DAN INDIKATOR KEBERHASILANNYA

Published: Apr 29, 2025

Abstract:

This study aims to explore the implementation of classroom management strategies, such as the physical arrangement of the classroom and behavioral intervention techniques. Employing a descriptive qualitative method, the research investigates key components of classroom management, including the planning phase, implementation during instructional activities, and post-instructional evaluation. Data collection was conducted through an extensive review of literature and relevant documentation to provide a comprehensive understanding of current practices. The findings reveal that effective classroom management not only facilitates increased student engagement and attentiveness but also significantly reduces behavioral disruptions that hinder the learning process. Furthermore, the study emphasizes the necessity of essential teacher competencies, such as strong communication skills, the ability to manage time effectively, and the strategic use of instructional media and technology. These competencies are pivotal in fostering a learning atmosphere that supports both cognitive and character development. This research underscores that the success of the learning process is not solely determined by the instructional content delivered, but largely influenced by how educators organize, regulate, and adapt classroom dynamics to meet diverse student needs.

Studi ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan strategi manajemen kelas, seperti pengaturan fisik ruang kelas dan teknik intervensi perilaku. Dengan menggunakan metode kualitatif deskriptif, penelitian ini mengkaji komponen-komponen utama dari manajemen kelas, termasuk tahap perencanaan, pelaksanaan selama kegiatan pembelajaran, dan evaluasi setelah pembelajaran. Pengumpulan data dilakukan melalui kajian literatur yang luas dan dokumentasi relevan guna memberikan pemahaman yang komprehensif terhadap praktik-praktik saat ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa manajemen kelas yang efektif tidak hanya mendorong peningkatan keterlibatan dan perhatian siswa, tetapi juga secara signifikan mengurangi gangguan perilaku yang menghambat proses pembelajaran. Selain itu, penelitian ini menekankan pentingnya kompetensi esensial yang harus dimiliki guru, seperti keterampilan komunikasi yang kuat, kemampuan mengelola waktu dengan efektif, dan penggunaan media serta teknologi pembelajaran secara strategis. Kompetensi-kompetensi ini sangat penting dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung perkembangan kognitif maupun karakter siswa. Penelitian ini menegaskan bahwa keberhasilan proses pembelajaran tidak hanya ditentukan oleh materi ajar yang disampaikan, melainkan sangat dipengaruhi oleh bagaimana pendidik mengatur, mengelola, dan menyesuaikan dinamika kelas untuk memenuhi kebutuhan siswa yang beragam.

Keywords:
1. Classroom management, objectives of classroom management, indicators of classroom management.
Authors:
1 . Sulkifli
2 . Aliefia Muslimah Bahtiar
3 . Aidil Hisyaf Pratama Putra
4 . Ahmad Said Al Makassary
How to Cite
Sulkifli, Bahtiar, A. M., Putra, A. H. P., & Al Makassary, A. S. (2025). MANAJEMEN KELAS: DEFINISI, TUJUAN, KEGIATAN DAN INDIKATOR KEBERHASILANNYA. JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI, 2(2, April), 19–25. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/buanakata/article/view/558
References

    Amalia, H. (2017). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI. Menara Tebuireng, 13(01), 273–288.

    Aprilia, B. F., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(04), 434–449.

    Astuti. (2019). Manajemen Kelas Yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892–907.

    Erwinsyah, A. (2017). Implementasi Manajemen Kelas di SD NegeriImplementasi Manajemen Kelas di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 90.

    Hamidah D. (2016). Konsep Manajemen Kelas. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol.7, No.1, Desember 2018 e-ISSN 2620-9209 KONSEP, 7(1), 1–23.

    Hasanah, N., & Habibah, S. (2021). Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 2(2), 170. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.12668

    Ismail, T., Pendidikan, J., Islam, A., Islam, F. A., Sains, U., Al, I., Kolaka, M. W., Sains, U., Al, I., & Warrahmah, M. (2024). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar di Kelas XI SMP IT Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. 6, 119–126.

    Jalaludin, Arifin, Z., & Fathurrohman, N. (2021). Peranan Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 5(2), 143–150. https://www.ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/689

    Milya Sari. Asmendri. (2020). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.

    Mulyasidhi, G., & Haq, M. S. (2009). Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Modul Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan Golongan I Dan II, 7(1), 30–43.

    Muningsih. (2015). Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Manajer Pendidikan, 9(5), 699–703.

    Niayah, N. (2022). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur NTB. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 2(2), 33–50. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i2.341

    Pohan, S. (2020). Manajemen Kelas Dan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Bunayya, 1(2), 113.

    Rahayu, S. (2024). Classroom Management, Student Engagement, Lousive Relationships. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1056–1064.

    Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476

    Wahid Asngari, N. H. (2015). Manajemen Kelas: Konsep, Implementasi dan Korelasinya dengan Keterampilan Guru. Jurnal Mubtadiin, Vol. 8 No. 02 Juli-Desember 2022 Https://Journal.an-Nur.Ac.Id/Index.Php/Mubtadiin No. ISSN: 2461-128X, 6.

    Ziaulhaq, M., & Anggih Tri Cahyadi. (2022). Model Manajemen Kelas Bagi Anak Lamban Belajar Di Era New Normal. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 287–296. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.31933

  1. Amalia, H. (2017). Penerapan Manajemen Kelas Sebagai Upaya dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran PAI. Menara Tebuireng, 13(01), 273–288.
  2. Aprilia, B. F., & Trihantoyo, S. (2020). Strategi Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Efektifitas Pembelajaran. Jurnal Inspirasi Manajemen Pendidikan, 08(04), 434–449.
  3. Astuti. (2019). Manajemen Kelas Yang Efektif. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 9(2), 892–907.
  4. Erwinsyah, A. (2017). Implementasi Manajemen Kelas di SD NegeriImplementasi Manajemen Kelas di SD. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 5(2), 90.
  5. Hamidah D. (2016). Konsep Manajemen Kelas. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan Vol.7, No.1, Desember 2018 e-ISSN 2620-9209 KONSEP, 7(1), 1–23.
  6. Hasanah, N., & Habibah, S. (2021). Implementasi Manajemen Kelas di SD Negeri. Jurnal Administrasi, Kebijakan, Dan Kepemimpinan Pendidikan (JAK2P), 2(2), 170. https://doi.org/10.26858/jak2p.v2i2.12668
  7. Ismail, T., Pendidikan, J., Islam, A., Islam, F. A., Sains, U., Al, I., Kolaka, M. W., Sains, U., Al, I., & Warrahmah, M. (2024). Manajemen Kelas dalam Meningkatkan Efektifitas Proses Belajar Mengajar di Kelas XI SMP IT Al Mawaddah Warrahmah Kolaka. 6, 119–126.
  8. Jalaludin, Arifin, Z., & Fathurrohman, N. (2021). Peranan Manajemen Kelas Dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Pelatihan, 5(2), 143–150. https://www.ejournal.kompetif.com/index.php/diklatreview/article/view/689
  9. Milya Sari. Asmendri. (2020). NATURAL SCIENCE: Jurnal Penelitian Bidang IPA dan Pendidikan IPA. Natural Science [Diakses 11 Juli 2022], 6(1), 41–53.
  10. Mulyasidhi, G., & Haq, M. S. (2009). Manajemen Kelas Dalam Kegiatan Pembelajaran Bagi Siswa Sekolah Dasar Pada Masa Pandemi COVID-19. Modul Pendidikan Dan Pelatihan Prajabatan Golongan I Dan II, 7(1), 30–43.
  11. Muningsih. (2015). Manajemen Kelas Guru Sekolah Dasar. Manajer Pendidikan, 9(5), 699–703.
  12. Niayah, N. (2022). Manajemen Kelas Dalam Meningkatkan Proses Belajar Mengajar Pendidikan Agama Islam Di SMP Negeri 1 Aikmel Kecamatan Aikmel Kabupaten Lombok Timur NTB. Jurnal Manajemen Dan Budaya, 2(2), 33–50. https://doi.org/10.51700/manajemen.v2i2.341
  13. Pohan, S. (2020). Manajemen Kelas Dan Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Bunayya, 1(2), 113.
  14. Rahayu, S. (2024). Classroom Management, Student Engagement, Lousive Relationships. Jurnal Penelitian Dan Ilmu Pendidikan, 5(3), 1056–1064.
  15. Supriyadi, S. (2017). Community of Practitioners: Solusi Alternatif Berbagi Pengetahuan antar Pustakawan. Lentera Pustaka: Jurnal Kajian Ilmu Perpustakaan, Informasi Dan Kearsipan, 2(2), 83. https://doi.org/10.14710/lenpust.v2i2.13476
  16. Wahid Asngari, N. H. (2015). Manajemen Kelas: Konsep, Implementasi dan Korelasinya dengan Keterampilan Guru. Jurnal Mubtadiin, Vol. 8 No. 02 Juli-Desember 2022 Https://Journal.an-Nur.Ac.Id/Index.Php/Mubtadiin No. ISSN: 2461-128X, 6.
  17. Ziaulhaq, M., & Anggih Tri Cahyadi. (2022). Model Manajemen Kelas Bagi Anak Lamban Belajar Di Era New Normal. Idaarah: Jurnal Manajemen Pendidikan, 6(2), 287–296. https://doi.org/10.24252/idaarah.v6i2.31933