PENGARUH ULASAN FOOD VLOGGER TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN MAKANAN MAHASISWA ILMU KOMUNIKASI UNIVERSITAS ISLAM NEGERI RADEN FATAH ANGKATAN 2023
Abstract:
This study aims to examine the influence of food vlogger reviews on food purchasing decisions of Communication Science students at UIN Raden Fatah Palembang. Through a quantitative approach with linear regression analysis, this study collected data from 67 active respondents on social media using a questionnaire. The results of the analysis show that food vlogger reviews have a positive effect on purchasing decisions with a regression coefficient value of 0.949 (p <0.05) and R² of 0.624, indicating that 62.4% of the variation in purchasing decisions can be explained by these reviews. This study emphasizes the importance of vlogger credibility, delivery quality, and visual content in attracting the attention of young consumers. These findings indicate that food vloggers can function as an effective marketing strategy in the culinary industry which is growing rapidly in the digital era. Thus, this insight provides a significant contribution for culinary industry players in formulating effective marketing strategies in the culinary industry which is growing rapidly in the digital era.
Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh ulasan food vlogger terhadap keputusan pembelian makanan mahasiswa Ilmu Komunikasi UIN Raden Fatah Palembang. Melalui pendekatan kuantitatif dengan analisis regresi linier, penelitian ini mengumpulkan data dari 67 responden aktif di media sosial dengan menggunakan kuesioner. Hasil analisis menunjukkan bahwa ulasan food vlogger berpengaruh positif terhadap keputusan pembelian dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,949 (p < 0,05) dan R² sebesar 0,624, yang menandakan bahwa 62,4% variasi dalam keputusan pembelian dapat dijelaskan oleh ulasan ini. Penelitian ini menekankan pentingnya kredibilitas vlogger, kualitas penyampaian, dan konten visual dalam menarik perhatian konsumen muda. Temuan ini menunjukkan bahwa food vlogger dapat berfungsi sebagai strategi pemasaran yang efektif dalam industri kuliner yang semakin berkembang pesat di era digital. Dengan demikian, wawasan ini memberikan kontribusi signifikan bagi pelaku industri kuliner dalam merumuskan strategi pemasaran yang efektif dalam industri kuliner yang semakin berkembang pesat di era digital.
Adinda, M. K. (2024). Pengaruh Food Blogger, Sosial Media Instagram, dan Inovasi Makanan Terhadap Minat Beli Konsumen Kuliner di Lampung dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi pada Akun Instagram@ kuliner_lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Donneli, E. (2023). Pengaruh Food vloggers pada Niat Beli di Media Sosial. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(2), 209-221.
Fauzan Adhima, A. (2021). Pengaruh Food Blogger, Sosial Media Instagram, Dan Inovasi Makanan, Terhadap Minat Beli Followers Account Instagram Jakulcepu Kabupaten Blora(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Jannah, M. Z., Maulida, I. S., & Susanti, I. (2024). Pengaruh Food vlogger Sebagai Social Media Influencer Terhadap Minat Beli Produk Makanan Di Kalangan Followers Gen Z Di Lamongan (Studi Kasus Korean Food di Kabupaten Lamongan):(Studi Kasus Korean Food di Kabupaten Lamongan). Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 7(2), 411-423.
Khawarizmi, A., & Arhab, A. (2023). Pengaruh Food Blogger Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Online di Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
Kusumaningrum, D. A., Wachyuni, S. S., & Nathania, S. (2019). Pengaruh Konten Food Blogger Dalam Pemilihan Kuliner Sehat (Studi Kasus: Food Blogger Œanakjajan). Tourism Scientific Journal, 4(2), 168-185.
Marquerette, L. U., Wasi, L., & Hamidah, S. F. (2024). Pengaruh Food vlogger Terhadap Persepsi Konsumen. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11763-11772.
Pangestu, A., & Nugroho, A. (2023). Pengaruh Food vlogger terhadap Sikap Konsumen Makanan Jalanan Indonesia di Pangkapinang.
Prabawa, I. S. A. (2022). Pengaruh Ulasan Food Vlogger di Youtube untuk Niat Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
Pramana, F. B. A. (2023). Pengaruh Promosi Food Blogger Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian Konsumen Kurobuta Ramen Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
Pratiwi, S. S. (2024). Pengaruh Influencer Terhadap Perilaku Pembelian Produk Makanan Di Era Media Sosial studi Kasus: Tayangan Nex Carlos Pada Produk Kuliner Daerah (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banking School).
Safitri, D., Rusli, I., Regina, R., & Pahlovi, S. D. (2023). Peran Food vlogger Tasyi Athasyia dalam Mempengaruhi Keputusan Konsumen pada Pembelian Produk Makanan. Jurnal Nomosleca, 9(2), 190-203.
Safitri, L. A., Pradiatiningtyas, D., & Dewa, C. B. (2023). Pengaruh Food vlogger dan Promosi Endorse Media Sosial pada Brand Exposure Wisata Kuliner Klaten. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 28(3), 267-278.
Subagio, D. P. W., & Rachmawati, D. L. (2020). Pengaruh endorser terhadap purchase intention dengan perceived value Dan perceived usefulness Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada viewer Food vlogger of YouTube channel). Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan Perceived Value dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Viewer Food vlogger of YouTube Channel), 8(1), 1-11.
- Adinda, M. K. (2024). Pengaruh Food Blogger, Sosial Media Instagram, dan Inovasi Makanan Terhadap Minat Beli Konsumen Kuliner di Lampung dalam Perspektif Bisnis Islam (Studi pada Akun Instagram@ kuliner_lampung) (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
- Donneli, E. (2023). Pengaruh Food vloggers pada Niat Beli di Media Sosial. MAMEN: Jurnal Manajemen, 2(2), 209-221.
- Fauzan Adhima, A. (2021). Pengaruh Food Blogger, Sosial Media Instagram, Dan Inovasi Makanan, Terhadap Minat Beli Followers Account Instagram Jakulcepu Kabupaten Blora(Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Jannah, M. Z., Maulida, I. S., & Susanti, I. (2024). Pengaruh Food vlogger Sebagai Social Media Influencer Terhadap Minat Beli Produk Makanan Di Kalangan Followers Gen Z Di Lamongan (Studi Kasus Korean Food di Kabupaten Lamongan):(Studi Kasus Korean Food di Kabupaten Lamongan). Bisman (Bisnis dan Manajemen): The Journal of Business and Management, 7(2), 411-423.
- Khawarizmi, A., & Arhab, A. (2023). Pengaruh Food Blogger Terhadap Niat Pembelian Produk Makanan Online di Surabaya (Doctoral dissertation, Institut Teknologi Sepuluh Nopember).
- Kusumaningrum, D. A., Wachyuni, S. S., & Nathania, S. (2019). Pengaruh Konten Food Blogger Dalam Pemilihan Kuliner Sehat (Studi Kasus: Food Blogger Œanakjajan). Tourism Scientific Journal, 4(2), 168-185.
- Marquerette, L. U., Wasi, L., & Hamidah, S. F. (2024). Pengaruh Food vlogger Terhadap Persepsi Konsumen. Innovative: Journal Of Social Science Research, 4(1), 11763-11772.
- Pangestu, A., & Nugroho, A. (2023). Pengaruh Food vlogger terhadap Sikap Konsumen Makanan Jalanan Indonesia di Pangkapinang.
- Prabawa, I. S. A. (2022). Pengaruh Ulasan Food Vlogger di Youtube untuk Niat Keputusan Pembelian (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
- Pramana, F. B. A. (2023). Pengaruh Promosi Food Blogger Terhadap Brand Image Dan Keputusan Pembelian Konsumen Kurobuta Ramen Di Yogyakarta (Doctoral dissertation, Universitas Atma Jaya Yogyakarta).
- Pratiwi, S. S. (2024). Pengaruh Influencer Terhadap Perilaku Pembelian Produk Makanan Di Era Media Sosial studi Kasus: Tayangan Nex Carlos Pada Produk Kuliner Daerah (Doctoral dissertation, STIE Indonesia Banking School).
- Safitri, D., Rusli, I., Regina, R., & Pahlovi, S. D. (2023). Peran Food vlogger Tasyi Athasyia dalam Mempengaruhi Keputusan Konsumen pada Pembelian Produk Makanan. Jurnal Nomosleca, 9(2), 190-203.
- Safitri, L. A., Pradiatiningtyas, D., & Dewa, C. B. (2023). Pengaruh Food vlogger dan Promosi Endorse Media Sosial pada Brand Exposure Wisata Kuliner Klaten. Jurnal Ilmiah Pariwisata, 28(3), 267-278.
- Subagio, D. P. W., & Rachmawati, D. L. (2020). Pengaruh endorser terhadap purchase intention dengan perceived value Dan perceived usefulness Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada viewer Food vlogger of YouTube channel). Pengaruh Endorser terhadap Purchase Intention dengan Perceived Value dan Perceived Usefulness sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Viewer Food vlogger of YouTube Channel), 8(1), 1-11.
Most read articles by the same author(s)
- Nadira Indrianita, Syarifah Zahra, Abdur Razaq, Muhamad Yudistira Nugraha, THE FLUENCE OF SHOPEE’S DOUBLE DATE DISCOUNTS ON THE CONSUMPTIVE BEHAVIOUR OF COMMUNICATION SCIENCE STUDENTS AT UNIVERSITY SRIWIJAYA, CLASS OF 2023 , JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI: Vol. 2 No. 2, April (2025): Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi