ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI, ILOKUSI DAN PERLOKUSI PADA IKLAN BISKUIT BETTER
Abstrak:
Language is a medium of communication that has an important role for humans, speech events and speech acts are part of language. The formulation of the problem to be conveyed is regarding locutionary, illocutionary, and perlocutionary speech acts in better biscuit advertisements. The purpose of this study is to better describe each utterance that contains locutionary events, illocutionary events, and perlocutionary events from the characters in biscuit advertisements. This research method uses a qualitative descriptive method that is describing each dialogue delivered by the characters. In the advertisement, it describes how speech events and speech acts are delivered, so that locutionary events that embody statements from speakers and then illocutionary events that will have an impact on listeners such as making promises and offers to speech partners and perlocutions that will have an impact on the behavior of the speaker and the opponent. . All of that will be illustrated in every dialogue that is discussed in the three events of the speech.
Bahasa merupakan media komunikasi yang mempunyai peranan penting bagi manusia, peristiwa tutur dan tindak tutur merupakan bagian dari bahasa. Rumusan masalah yang ingin disampaikan adalah mengenai tindak tutur lokusi, ilokusi, dan perlokusi pada iklan biskuit Better. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan lebih baik setiap tuturan yang mengandung peristiwa lokusi, peristiwa ilokusi, dan peristiwa perlokusi dari tokoh dalam iklan biskuit. Metode penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif yaitu mendeskripsikan setiap dialog yang disampaikan oleh tokoh. Dalam iklan tersebut, mendeskripsikan bagaimana peristiwa tutur dan tindak tutur tersebut disampaikan, sehingga peristiwa lokusi yang mewujudkan pernyataan dari penutur kemudian peristiwa ilokusi yang akan memberikan dampak kepada pendengar seperti memberikan janji dan penawaran kepada mitra tutur serta perlokusi yang akan memberikan dampak terhadap perilaku penutur dan lawan tutur. Semua itu akan tergambar dalam setiap dialog yang dibahas pada ketiga peristiwa tutur tersebut.
Ananda, N. A., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2015). Bentuk dan fungsi tindak tutur slogan varian iklan Pond’s di televisi swasta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
Al-Humairah, W. M., Retnowaty, R., & Ratnawati, I. I. (2020). Tindak Tutur pada Iklan Produk Kecantikan di Televisi Swasta. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 269-277.
Nugraha, D. S., & Sulistyaningrum, S. (2018). Tindak tutur direktif dalam iklan layanan masyarakat di media televisi serta kemungkinan efeknya. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 10-20.
Romadhani, N. M., & Eles, R. J. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Iklan Pada Produk Mi Instan Indomie Di Televisi. Jurnal Konfiks, 7(1), 38-46.
Sasmita, C. A. (2016). Tindak tutur dalam iklan layanan masyarakat di Kabupaten Banyuwangi. E-Jurnal Humanis ISSN, 17-22.
Yunita, I. K. M., & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Instagram KEMENKES Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Relevasinya Sebagai Rancangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMP. JurnalEducatio FKIP UNMA, 7(3), 1205 1212.
Pratama, R. K., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur ekspresif dalam wacana stand up comedy indonesia sesi 3 babe cabita di kompas Tv. Caraka, 6 (2), 90.
Wulan, A. P. (2013). Analisis tindak tutur dalam iklan motor dan mobil dalam harian umum Solopos (edisi 21 Juni 2011). Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(2), 149-164.
Kusmaini, Tuty. 2020. Tindak Tutur dalam Iklan Produk Makanan dan Minuman di Televisi. Jurnal Bidar Volume 10, Nomor 1.
Fitriani, Winda Ayu Cahya. 2019. Analisis Tindak Tutur pada Wacana Iklan Radio. Jurnal Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume. 8 Nomor 1.
Nurwanti, Y. (2017). Analisis Tindak Tutur Representatif Dan Direktif Pada Iklan Layanan Masyarakat pada Radio Fortuna Fmkutoarjo Periode Tahun 2012-2016 DAN Skenario Pemnelajarannya Di Kelas XII (Doctoral dissertation, PBSI-FKIP).
Nasution, W. (2019). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Iklan Radio 99, 3 Toss Fm Merduati Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, 7(2), 269-283.
Abdurrahman, I. (2017). Analisis Tindak Tutur dalam Iklan Kosmetik Etude House: Kajian Pragmatik (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
Putra Hardita, R. (2019). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Bersoda Ditelevisi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Fatihah, A. C., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur perlokusi dalam konpers Presiden soal COVID-19 pada saluran Youtube CNN Indonesia. METAMORFOSISI Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 13 (1), 1-10.
Putra Hardita, R. (2019). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Bersoda Ditelevisi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Surianti, S., Akhir, M., & Nojeng, A. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Sebagai Media Penyampaian Pesan Sosial Pada Iklan Layanan Masyarakat. Celebes of Linguistics Journal, 1 (2), 11-18.
Utomo, N. P. (2022). Tindak Tutur Dalam Iklan Sabun Pembersih Wajah. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 131-138.
Sudipa, M. H. D. (2021). Tindak Tutur Dalam Iklan Animasi Penanggulangan Covid-19 Oleh Prefektur Kyoto. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra.
Aini, N. (2023). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Matahari: Feel Good Ketika Kita Saling Melengkapi. Jurnal Hasta Wiyata Vol, 6(1).
Kristianto, Y., & Budiarsa, M. (2022). Tindak Tutur Protokol Kesehatan CHSE di Kawasan Pariwisata Kabupaten Badung Bali. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(1), 198-206.
- Ananda, N. A., Sutama, I. M., & Nurjaya, I. G. (2015). Bentuk dan fungsi tindak tutur slogan varian iklan Pond’s di televisi swasta. Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Undiksha, 3(1).
- Al-Humairah, W. M., Retnowaty, R., & Ratnawati, I. I. (2020). Tindak Tutur pada Iklan Produk Kecantikan di Televisi Swasta. Lingua Franca: Jurnal Bahasa, Sastra, dan Pengajarannya, 4(2), 269-277.
- Nugraha, D. S., & Sulistyaningrum, S. (2018). Tindak tutur direktif dalam iklan layanan masyarakat di media televisi serta kemungkinan efeknya. Jurnal Sastra Indonesia, 7(1), 10-20.
- Romadhani, N. M., & Eles, R. J. (2020). Analisis Tindak Tutur Bahasa Iklan Pada Produk Mi Instan Indomie Di Televisi. Jurnal Konfiks, 7(1), 38-46.
- Sasmita, C. A. (2016). Tindak tutur dalam iklan layanan masyarakat di Kabupaten Banyuwangi. E-Jurnal Humanis ISSN, 17-22.
- Yunita, I. K. M., & Pratiwi, W. D. (2021). Analisis Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Layanan Masyarakat Di Instagram KEMENKES Pada Masa Pandemi Covid-19 dan Relevasinya Sebagai Rancangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Di SMP. JurnalEducatio FKIP UNMA, 7(3), 1205 1212.
- Pratama, R. K., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur ekspresif dalam wacana stand up comedy indonesia sesi 3 babe cabita di kompas Tv. Caraka, 6 (2), 90.
- Wulan, A. P. (2013). Analisis tindak tutur dalam iklan motor dan mobil dalam harian umum Solopos (edisi 21 Juni 2011). Jurnal Pendidikan Bahasa, 2(2), 149-164.
- Kusmaini, Tuty. 2020. Tindak Tutur dalam Iklan Produk Makanan dan Minuman di Televisi. Jurnal Bidar Volume 10, Nomor 1.
- Fitriani, Winda Ayu Cahya. 2019. Analisis Tindak Tutur pada Wacana Iklan Radio. Jurnal Pendidikan Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, Volume. 8 Nomor 1.
- Nurwanti, Y. (2017). Analisis Tindak Tutur Representatif Dan Direktif Pada Iklan Layanan Masyarakat pada Radio Fortuna Fmkutoarjo Periode Tahun 2012-2016 DAN Skenario Pemnelajarannya Di Kelas XII (Doctoral dissertation, PBSI-FKIP).
- Nasution, W. (2019). Analisis Tindak Tutur Ilokusi dalam Iklan Radio 99, 3 Toss Fm Merduati Banda Aceh. Jurnal Metamorfosa, 7(2), 269-283.
- Abdurrahman, I. (2017). Analisis Tindak Tutur dalam Iklan Kosmetik Etude House: Kajian Pragmatik (Doctoral dissertation, Universitas Gadjah Mada).
- Putra Hardita, R. (2019). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Bersoda Ditelevisi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Fatihah, A. C., & Utomo, A. P. Y. (2020). Analisis tindak tutur perlokusi dalam konpers Presiden soal COVID-19 pada saluran Youtube CNN Indonesia. METAMORFOSISI Jurnal Bahasa, Sastra Indonesia dan Pengajarannya, 13 (1), 1-10.
- Putra Hardita, R. (2019). Analisis Tindak Tutur Perlokusi Pada Iklan Minuman Bersoda Ditelevisi (Doctoral dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
- Surianti, S., Akhir, M., & Nojeng, A. (2019). Tindak Tutur Ilokusi Sebagai Media Penyampaian Pesan Sosial Pada Iklan Layanan Masyarakat. Celebes of Linguistics Journal, 1 (2), 11-18.
- Utomo, N. P. (2022). Tindak Tutur Dalam Iklan Sabun Pembersih Wajah. Arkhais-Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra Indonesia, 13(2), 131-138.
- Sudipa, M. H. D. (2021). Tindak Tutur Dalam Iklan Animasi Penanggulangan Covid-19 Oleh Prefektur Kyoto. In Prosiding Seminar Nasional Linguistik dan Sastra.
- Aini, N. (2023). Tindak Tutur Ilokusi Pada Iklan Matahari: Feel Good Ketika Kita Saling Melengkapi. Jurnal Hasta Wiyata Vol, 6(1).
- Kristianto, Y., & Budiarsa, M. (2022). Tindak Tutur Protokol Kesehatan CHSE di Kawasan Pariwisata Kabupaten Badung Bali. Ranah: Jurnal Kajian Bahasa, 11(1), 198-206.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Tri Kuryanti, Uswatun Hasanah, LITERATURE REVIEW: ANALISIS WACANA KRITIS PADA SURAT KABAR TRIBUN LAMPUNG , JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI: Vol 1 No 1, Januari (2024): Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi
- Uswatun Hasanah, Khairun Nisa, Habi Septiawan, ANALISIS TEKS EDITORIAL DAN OPINI PADA SURAT KABAR KOMPAS , JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI: Vol 1 No 1, Januari (2024): Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi
- Septia Uswatun Hasanah, Khairun Nisa, Uswatun Hasanah, Istiqomah Nurzafira, ANALISIS TEKS EDITORIAL DAN OPINI PADA SURAT KABAR KOMPAS.ID , JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI: Vol 1 No 1, Januari (2024): Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi
- Ahmad Yugoyekti, Megawati Megawati, Tri Kuryanti, Ahmad Sajuni, ANALISIS WACANA KRITIS PADA TEKS EDIOTORIAL DAN OPINI DENGAN MENGGUNAKAN TEORI NORMAN FAIRCLOUGH , JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI: Vol 1 No 1, Januari (2024): Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi
- Uswatun Hasanah, Khairun Nisa, Habi Septiawan, ANALISIS PUISI “HATIKU SELEMBAR DAUN” KARYA SAPARDI DJOKO DAMONO DENGAN PENDEKATAN EKSPRESIF , JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI: Vol 1 No 2, April (2024): Jurnal Buana Kata: Pendidikan, Bahasa, dan Ilmu Komunikasi