Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa di Sekolah Dasar

Authors

  • dia ayu nuril hidayah Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus
  • Khildatul Izza Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus
  • indah wulandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus
  • Sekar Dwi Wulandari Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus
  • Erik Aditia Ismaya Pendidikan Guru Sekolah Dasar Universitas Muria Kudus

Keywords:

Pendidikan, media, fakta

Abstract

Pendidikan adalah proses pembelajaran yang melibatkan pengembangan pengetahuan, keterampilan, nilai, dan kebiasaan yang dilakukan melalui pengajaran, pelatihan, penelitian, atau pengalaman. Ilmu Pengetahuan Sosial sebuah pembelajaran yang memadukan  fakta, peristiwa, konsep dan generalisasi yang mengkaji bagaimana hubungan manusia dengan sesama di lingkungan sendiri.  Proses pengembangan IPAS tidak hanya diarahkan pada kompetensi yang berkaitan dengan intelektual. Ilmu  Pengetahuan  Alam  dan Sosial (IPAS) merupakan ilmu pengetahuan  yang  mengkaji  tentang makhluk   hidup   dan   benda   mati  serta interaksi dan mengkaji kehidupan manusia sebagai individu  sekaligus  sebagai  makhluk sosial yang  berinteraksi dengan lingkungannya. Tujuan pembelajaran yang dicapai oleh siswa kelas empat melalui pembelajaran IPAS dapat diukur melalui prestasi belajar, pentingnya penerapan penggunaan media audio visual terhadap pembelajaran  IPAS pada siswa  di SD N Sidokerto 3 guna mendukung proses perkembangan pendidikan mengikuti era sekarang.

Downloads

Published

06-06-2025

How to Cite

hidayah, dia ayu nuril, Izza, K., wulandari, indah, Wulandari, S. D., & Ismaya, E. A. (2025). Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa di Sekolah Dasar. Pedagogi: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(2). Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/pgsd/article/view/703