PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PAI PADA MATA KULIAH KEASWAJAAN DI UNIVERSITAS SUNAN GIRI SURABAYA

Diterbitkan: May 28, 2025

Abstrak:

The results of the Pendidikan Agama Islam (PAI) master's course at Universitas Sunan Giri Surabaya are influenced by the discussion method Ex post facto research is conducted using data collection techniques such as observation, documentation, and angket. The study sample is composed of two puluh PAI semester kedua students who were interviewed in a purposive sampling. The results of the data analysis using the Yule's-Q rumus show that Qxy = 0,639, indicating that the discussion method has a significant positive effect on learning outcomes. Prior to intervention, only 29% of students were able to understand the material; however, when the discussion method was used, the percentage increased to 65%. This indicates that the discussion method is effective in increasing students' active participation, understanding of the philosophical concept of Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), and ability to critically think. According to this study, the discussion method can be used as an alternative for interactive learning in a curriculum that focuses on local kearifan and keislaman.

Hasil belajar mahasiswa Pendidikan Agama Islam (PAI) pada mata kuliah Keaswajaan di Universitas Sunan Giri Surabaya dipengaruhi oleh metode diskusi. Penelitian dilakukan ex post facto dengan teknik pengumpulan data melalui angket, dokumentasi, dan observasi. Sample penelitian terdiri dari dua puluh siswa PAI semester kedua yang dipilih secara purposive sampling. Hasil analisis data menggunakan rumus Yule's-Q menunjukkan nilai Qxy = 0,639, yang menunjukkan bahwa metode diskusi memiliki efek positif yang signifikan terhadap hasil belajar yang lebih baik. Sebelum intervensi, hanya 29% mahasiswa yang mampu memahami materi, namun setelah penerapan metode diskusi, persentase meningkat menjadi 65%. Temuan ini menunjukkan bahwa metode diskusi efektif dalam meningkatkan partisipasi aktif siswa, pemahaman mereka tentang konsep filosofis Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja), dan kemampuan berpikir kritis mereka. Berdasarkan penelitian ini, metode diskusi dapat digunakan sebagai alternatif untuk pembelajaran interaktif dalam mata kuliah yang berfokus pada nilai-nilai keislaman dan kearifan lokal.

Penulis:
1 . Muchammad Lubbil Khobir
2 . Solchan Ghozali
Cara Mengutip
Khobir, M. L., & Ghozali, S. (2025). PENGARUH METODE DISKUSI TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PAI PADA MATA KULIAH KEASWAJAAN DI UNIVERSITAS SUNAN GIRI SURABAYA. JURNAL SELAKSA MAKNA, 1(2), 59–66. https://doi.org/10.23960/selaksamakna.v1i2.669