MODEL REGENERASI TARI PIRING 12 TANGGAMUS: STUDI KASUS DI KABUPATEN TANGGAMUS LAMPUNG
Abstract:
Tari Piring 12 merupakan salah satu warisan budaya yang ada di Kabupaten Tanggamus. Dengan berkembangnya kehidupan yang modern dan globalisasi, perlu adanya telaah proses regenerasi dan implikasinya terhadap generasi muda. Oleh sebab itu, penelitian bertujuan untuk mendeskripsikan proses regenrasi tari Piring 12 di Kabupaten Tanggamus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini jenis penelitian kualitatif dengan menggunakan pendekatan fenomenologis. Subjek dalam penelitian ini adalah masyarakat yang berhubungan dengan tari piring 12 Tanggamus, yaitu keturunan ratu, guru seni budaya, pelatih tari, dan penari. Lokasi penelitian berada di Kabupaten Tanggamus Propinsi Lampung. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi dan studi pustaka. Sedangkan teknik analisis data dalam penelitian ini terdiri dari reduksi data (data reductions), display data (data display) dan kesimpulan atau verifikasi (conclution drawing/verification). Hasil penelitian menunjukkan bahwa model regenerasi yang berjalan yaitu regenerasi miring (diagonal transmissions) oleh pelatih tari dan regenerasi mendatar (horizontal transmissions) oleh teman sebaya. Sedangkan regenrasi tegak (vertical transmissions) tidak berjalan.
The Piring 12 Dance is one of the cultural heritages in Tanggamus Regency. With the development of modern life and globalization, it is necessary to examine the regeneration process and its implications for the younger generation. Therefore, this study aims to describe the regeneration process of the Piring 12 dance in Tanggamus Regency. The method used in this study is a qualitative research type with a phenomenological approach. The subjects in this study are the community related to the Piring 12 dance in Tanggamus, namely the descendants of the queen, arts and culture teachers, dance trainers, and dancers. The research location is in Tanggamus Regency, Lampung Province. Data collection techniques used observation, interviews, documentation and literature studies. Meanwhile, data analysis techniques in this study consist of data reductions, data display and conclusions or verification (conclusion drawing/verification). The results of the study indicate that the regeneration model that is running is diagonal transmissions regeneration by dance trainers and horizontal transmissions regeneration by peers. While vertical transmissions regeneration does not work.
Downloads
Adhiputra, Anak Agung Ngurah. (2013). Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Badan Pusat Statistik. 2019. Lampung Dalam Angka 2019. Lampung: Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung.
Berry, John. 2002. Cross-Cultural Psychology. New York: Cambridge University Press.
Creswell, John W. 2012. Research Design. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
Hazairin,1982, Hukun Kewarisan Bilateral Menurut alQur'an dan Hadith. Jakarta: Tintamas, Cet.V I
Ife, Jim dan Frank Tesoriero. 2008. Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Kasim, Ahmad. 1981. Teater Rakyat di Indonesia; Analisis Kebudayaan. Jakarta: DIRJEN P&K
KBBI, 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/regenerasi, [Diakses 23 Juni 2022].
Mustika, I Wayan. 2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Lampung: Anugerah Utama Raharja (AURA) Printing dan Publishing.
Saputra, A., Andriani, D. S. ., & Hartono, D. P. . (2023). Utilizing the potential of local arts and culture as economic capital in the Sanggar Karawitan Mudo Raharjo Ogan Komering Ulu Timur district. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(2), 356–368. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8702.
Saputra, A., Septiani, Y. Y., Andriani, D. S., Helmi, H., Septiyanda, D., Pitayati, P. A., (2025). Pendampingan Penanaman Nilai Budaya dan Seni Jawa pada Anak Transmigran di Sanggar Belajar Ndeso Berdaya Desa Margotani II. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, Vol. 5, No. 1, 81-87. https://doi.org/10.59818/jpm.v5i1.1102.
Simanjuntak, Posman. 2000. Berkenalan dengan Antropologi untuk SMU Kelas 3. Jakarta: Erlangga.
Soekanto, Soerjono. 1993. Sosiologi suatu pengantar. Raja grafindo persada. Jakarta.
Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Adhiputra, Anak Agung Ngurah. (2013). Konseling Lintas Budaya. Yogyakarta: Graha Ilmu.
- Badan Pusat Statistik. 2019. Lampung Dalam Angka 2019. Lampung: Badan Pusat Statistik Provinsi Lampung.
- Berry, John. 2002. Cross-Cultural Psychology. New York: Cambridge University Press.
- Creswell, John W. 2012. Research Design. Yogyakarta. Pustaka Pelajar.
- Hazairin,1982, Hukun Kewarisan Bilateral Menurut alQur'an dan Hadith. Jakarta: Tintamas, Cet.V I
- Ife, Jim dan Frank Tesoriero. 2008. Community Development: Alternatif Pengembangan Masyarakat di Era Globalisasi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
- Kasim, Ahmad. 1981. Teater Rakyat di Indonesia; Analisis Kebudayaan. Jakarta: DIRJEN P&K
- KBBI, 2020. Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/regenerasi, [Diakses 23 Juni 2022].
- Mustika, I Wayan. 2012. Teknik Dasar Gerak Tari Lampung. Lampung: Anugerah Utama Raharja (AURA) Printing dan Publishing.
- Saputra, A., Andriani, D. S. ., & Hartono, D. P. . (2023). Utilizing the potential of local arts and culture as economic capital in the Sanggar Karawitan Mudo Raharjo Ogan Komering Ulu Timur district. Transformasi: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 19(2), 356–368. https://doi.org/10.20414/transformasi.v19i2.8702.
- Saputra, A., Septiani, Y. Y., Andriani, D. S., Helmi, H., Septiyanda, D., Pitayati, P. A., (2025). Pendampingan Penanaman Nilai Budaya dan Seni Jawa pada Anak Transmigran di Sanggar Belajar Ndeso Berdaya Desa Margotani II. Jurnal Pengabdian Masyarakat: Pemberdayaan, Inovasi dan Perubahan, Vol. 5, No. 1, 81-87. https://doi.org/10.59818/jpm.v5i1.1102.
- Simanjuntak, Posman. 2000. Berkenalan dengan Antropologi untuk SMU Kelas 3. Jakarta: Erlangga.
- Soekanto, Soerjono. 1993. Sosiologi suatu pengantar. Raja grafindo persada. Jakarta.
- Winkel, W. S. 2004. Psikologi Pendidikan dan Evaluasi Belajar. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.