ABREVIASI DALAM KOMUNIKASI PADA GAME ONLINE MOBILE LEGENDS DI KAWASAN PETOJO ENCLEK: KAJIAN MORFOLOGI
Abstract:
The aim of this research is to describe or explain abbreviations, as well as knowing the forms and processes of abbreviations used in the Mobile Legends game. Another aim of this research is also to determine the influence of the abbreviations used in the online game Mobile Legends on the use of language in daily life in the Petojo Enclek area. The method used in this research is a descriptive qualitative method, with data collection techniques using observation and documentation. In this research, there are 5 forms of abbreviation that occur in the Mobile Legends game, such as: 36 abbreviations, 9 acronyms, 10 contractions, 7 fragments, and 1 letter symbol. From the results of this research, it can also be seen that there are several abbreviated words in the Mobile Legends game that can be used or are often used in everyday life by Mobile Legends game players, especially in the Petojo Enclek area.
Tujuan penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan ataupun menjelaskan mengenai abreviasi, serta mengetahui bentuk dan proses abreviasi yang digunakan dalam game Mobile Legends. Tujuan lain dari penelitian ini juga untuk mengetahui pengaruh abreviasi yang digunakan dalam game online Mobile Legends terhadap penggunaan bahasa dalam kehidupan sehari-hari di kawasan Petojo Enclek. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif deskriptif, dengan teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan dokumentasi. penelitian ini terdapat 5 bentuk abreviasi yang terjadi di game Mobile Legends, seperti: 36 singkatan, 9 akronim, 10 kontraksi, 7 penggalan, dan 1 lambang huruf. Dari hasil penelitian ini juga dapat diketahui bahwa ada beberapa kata dari jenis abreviasi yang ada di dalam game Mobile Legends ini yang bisa digunakan atau sering digunakan dalam kehidupan sehari-hari oleh para pemain game Mobile Legends khususnya di kawasan Petojo Enclek.
Most read articles by the same author(s)
- Januardi Yudi Suhanda, Kasno Atmo Sukarto, Arju Susanto, TINDAK TUTUR DIREKTIF DALAM FILM NETFLIX TENGGELAMNYA KAPAL VAN DER WIJCK , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Gilang Ardian Putra, Tadjuddin Nur, Arju Susanto, FENOMENA CAMPUR KODE DAN ALIH KODE DALAM PODCAST BKR BROTHER YANG BERJUDUL GIRLS SLEEP OVER , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Nafisah Salwa, Arju Susanto, Kurnia Rachmawati, KONFLIK BATIN TOKOH UTAMA DALAM NOVEL ANJING MENGEONG, KUCING MENGGONGGONG KARYA EKA KURNIAWAN , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Riana Elisabeth Pangaribuan, Iskandarsyah Siregar, Arju Susanto, TINDAK TUTUR EKSPRESIF DALAM SERIAL FILM NANTI KITA CERITA TENTANG HARI INI PADA YOUTUBE KANAL TOYOTA INDONESIA: KAJIAN PRAGMATIK , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia