ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA”
Abstract:
Folklore as a form of regional literature has many motivations that are associated with everyday life. One form of this literary work is the Nias Folktale "Tuada Bõla". This study was motivated to find out more about the educational values contained in the Nias Folktale "Tuada Bõla" as inspiration and motivation that can be used as a guideline and good teachings in everyday life. This study aims to determine the educational values in everyday life contained in the Nias folktale "Tuada Bõla. This study uses qualitative research with a descriptive analysis method. The data collection technique in this study is a literature study. The researcher analyzes the data, presents the data and then draws conclusions. Based on the results of the study, the Nias Folktale "Tuada Bõla" has (1) religious values, (1) moral values, (3) social values, (4) cultural values. This story provides moral and ethical guidance that is relevant to everyday life and helps shape positive character
Cerita rakyat sebagai salah satu bentuk sastra daerah memiliki banyak motivasi yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk dari karya sastra tersebut adalah Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla”. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui lebih dalam tentang nilai pendidikan yang terkandung dalam Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla” sebagai inspirasi dan motivasi yang dapat dijadikan pedoman dan ajaran yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam kehidupan sehari-hari yang terdapat dalam cerita rakyat Nias "Tuada Bõla. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi literatur. Peneliti menganalisis data, penyajian data lalu melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla” memiliki (1) nilai religius, (1) nilai moral, (3) nilai sosial, (4) nilai budaya. Cerita ini memberikan panduan moral dan etika yang relevan bagi kehidupan sehari-hari dan membantu membentuk karakter yang positif.
Most read articles by the same author(s)
- Yarni Kristiani Lahagu, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Laurensia Ndraha, Noibe Halawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Prilian Putri Cahyani Giawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BARU SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Esther Novi Christin Harefa, Lestari Waruwu, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya