ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA”
Abstract:
Folklore as a form of regional literature has many motivations that are associated with everyday life. One form of this literary work is the Nias Folktale "Tuada Bõla". This study was motivated to find out more about the educational values contained in the Nias Folktale "Tuada Bõla" as inspiration and motivation that can be used as a guideline and good teachings in everyday life. This study aims to determine the educational values in everyday life contained in the Nias folktale "Tuada Bõla. This study uses qualitative research with a descriptive analysis method. The data collection technique in this study is a literature study. The researcher analyzes the data, presents the data and then draws conclusions. Based on the results of the study, the Nias Folktale "Tuada Bõla" has (1) religious values, (1) moral values, (3) social values, (4) cultural values. This story provides moral and ethical guidance that is relevant to everyday life and helps shape positive character
Cerita rakyat sebagai salah satu bentuk sastra daerah memiliki banyak motivasi yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk dari karya sastra tersebut adalah Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla”. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui lebih dalam tentang nilai pendidikan yang terkandung dalam Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla” sebagai inspirasi dan motivasi yang dapat dijadikan pedoman dan ajaran yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam kehidupan sehari-hari yang terdapat dalam cerita rakyat Nias "Tuada Bõla. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi literatur. Peneliti menganalisis data, penyajian data lalu melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla” memiliki (1) nilai religius, (1) nilai moral, (3) nilai sosial, (4) nilai budaya. Cerita ini memberikan panduan moral dan etika yang relevan bagi kehidupan sehari-hari dan membantu membentuk karakter yang positif.
Most read articles by the same author(s)
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Julian Mendrofa, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA KELAS VIII 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Junius Laoli , Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HILISERANGKAI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya