PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI CERPEN DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG

Diterbitkan: Apr 21, 2025

Abstrak:

Penelitian ini berfokus pada pengaruh penggunaan media ajar wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi cerpen. Penggunaan media ajar yang masih konvesional terjadi pada SMA terutama pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan media ajar wordwall terhadap hasil belajar siswa pada materi cerpen. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis True-Experimental desigen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes berupa lembar tes soal cerpen dan dokumentasi. Sempel dalam penelitian ini adalah kelas X1-1 sebagai kelas kontrol dan kelas X1-2 sebagai kelas eksperimen. Hasil post test menggunakan uji homogenitas menunjukan bahwa nilai sig. Sebesar sig. 0,585 > 0,05 maka hasil post test nilainya homogen. Berdasarkan uji Independen T-test memperoleh nilai sig (2-tailed) sebesar 0.002 > 0,05 maka ada perbedaan signifikan antara kelas kontrol dan kelas eksperimen. Artinya terdapat pengaruh penggunaan media ajar wordwall terhadap hasil belajar siswa kelas XI dalam materi cerpen di SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang.

This study focuses on the effect of using wordwall teaching media on student learning outcomes on short story material. The use of conventional teaching media occurs in high schools, especially in Indonesian language subjects. The purpose of this study was to determine the effect of using wordwall teaching media on student learning outcomes on short story material. The research method used is quantitative with the True-Experimental design type. The data collection technique used is a test in the form of a short story test sheet and documentation. The sample in this study was class X1-1 as the control class and class X1-2 as the experimental class. The results of the post-test using the homogeneity test showed that the sig. value was sig. 0.585 > 0.05 then the post-test results are homogeneous. Based on the Independent T-test, the sig value (2-tailed) is 0.002 > 0.05, so there is a significant difference between the control class and the experimental class. This means that there is an influence of the use of wordwall teaching media on the learning outcomes of class XI students in short story material at SMA Islam Sultan Agung 3 Semarang.

Penulis:
1 . Arzi Kurnia Kholifah
2 . Turahmat
Cara Mengutip
Kholifah, A. K., & Turahmat. (2025). PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN WORDWALL TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI PADA MATERI CERPEN DI SMA ISLAM SULTAN AGUNG 3 SEMARANG. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 13(1 April), 390–396. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/Kata/article/view/617