KEGIATAN PENINGKATAN PENGETAHUAN KONSUMEN TENTANG MANFAAT BUAH UNTUK MENINGKATKAN KESEHATAN MELALUI UMKM TOKO BUAH DI FIONA FRESH FRUIT KRAMAT JEGU TAMAN SIDOARJO
Abstract:
Budaya makan buah adalah masalah kesehatan masyarakat, namun manfaat kesehatannya masih belum banyak diketahui. Untuk meningkatkan kesadaran, kegiatan ini menggunakan pendekatan ABCD yang didasarkan pada aset lokal. Pemetaan aset untuk Fiona Fresh Fruit pada tahap awal meliputi permintaan konsumen, modal gaya hidup sebagai cara hidup sehat, dan tokoh masyarakat yang sadar akan kesehatan. Toko Fiona Fresh Fruit di Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo, menjadi lokasi implementasi dengan memanfaatkan kedekatannya dengan konsumen sebagai toko makanan sehat. Tujuannya adalah untuk mendorong pemilihan buah sebagai pilihan yang sehat. Edukasi langsung melalui brosur, tanya jawab interaktif dan konseling di dalam toko mengenai manfaat buah untuk pencegahan penyakit dan dukungan sistem kekebalan tubuh. Implementasi melalui penyuluhan langsung dengan pemilik toko dan karyawan. Pendekatan berbasis aset partisipatif harus mampu menciptakan kesadaran yang berkelanjutan tentang nilai buah. Penelitian ini menunjukkan pertumbuhan yang signifikan dalam pemahaman tentang nilai kesehatan buah, yang dapat memacu daya tarik bisnis dan penjualan Fiona Fresh Fruit seiring dengan meningkatnya kesadaran konsumen, sehingga memberdayakan konsumen dan menciptakan kesadaran UMKM tentang nilai buah.
Fruit-eating culture is a public health issue, but its health benefits are still largely unknown. To raise awareness, this activity uses the ABCD approach based on local assets. Asset mapping for Fiona Fresh Fruit in the early stages includes consumer demand, lifestyle capital as a healthy way of life, and health-conscious community leaders. The Fiona Fresh Fruit store in Kramat Jegu, Taman, Sidoarjo, is the implementation location by utilizing its proximity to consumers as a healthy food store. The goal is to encourage the selection of fruit as a healthy choice. Direct education through brochures, interactive Q&A and in-store counseling on the benefits of fruit for disease prevention and immune system support. Implementation through direct counseling with store owners and employees. A participatory asset-based approach must be able to create sustainable awareness of the value of fruit. This study shows significant growth in understanding of the health value of fruit, which can spur the appeal of Fiona Fresh Fruit's business and sales as consumer awareness increases, thereby empowering consumers and creating awareness of MSMEs about the value of fruit.
Ahmad I, Hermiyetti, (2007). Analisis Produksi dan Konsumsi susu di Indonesia. Paper Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas 2020.
Alba, J. W., & Hutchinson, J. W. (1987). Dimensions of Consumer Expertise. Journal of Consumer Research, 13(4), 411.
Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259-278.
Bate’e, A. T., Septiani, D. L., Pradana, G., Krisanti, S. R., & Widodasih, R. W. K. (2024). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada UMKM Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran (Studi Kasus Sop Ayam Pak Mim Klaten Di Cikarang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 221–235.
Bilgihan, A., A. Barreda., F. Okumus., & K. Nusair. (2016). Consumer perception of knowledge-sharing in travel-related online social networks. Tourism Management, 52, 287-296.
Chambers, R. (1995). Pembangunan desa mulai dari belakang. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, Penerangan Ekonomi dan Sosial.
Darni, J., & R. Wahyuningsih. (2022). Edukasi Manfaat Sayur dan Buah Pada Remaja Dengan Status Obesitas Di SMA N 8 Dasan Cermen Kota Mataram. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(2), 464-471.
Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Ugm Press.
Engel, James F dan Blackwell, Roger D, dan Miniarad, Paul.W. 1990. Perilaku Konsumen, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta Barat.
Erinosho, T. O., R. P. Moser., A. Y. Oh., L. C. Nebeling., & A. L. Yaroch. (2012). Awareness of the Fruits and Veggies—More Matters campaign, knowledge of the fruit and vegetable recommendation, and fruit and vegetable intake of adults in the 2007 Food Attitudes and Behaviors (FAB) Survey. Appetite, 59(1), 155-160.
Fadil, A. W., Purbanjito, A. T., Chaironi, A. A., Saputra, D., Fauziah, H. N., Hermawan, I. N., & Yitna, W. W. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cijati Melalui Metode ABCD Guna Membantu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Cijati Kecamatan Cimanggu. Kampelmas, 2(1), 141-147.
Hidayati, N. (2020). Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur dalam Menjaga Kesehatan. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 3(2), 23-29.
Jabar, D. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Bandung.
Kementrian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Kemenkes RI: Jakarta.
Kretzmann, J. P., & McKnight, J. (1993). Building communities from the inside out.
Kusmiyati., D. A. C. Rasmi., P. Sedijani., Khairuddin. (2022). Penyuluhan Tentang Pentingnya Konsumsi Buah Untuk Menjaga Imunitas Tubuh. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 6-11.
Muchtadi, D. (2008). Pengantar Ilmu Gizi. Alfabeta, Bandung.
Mullaicharam, A. R., Deori, G., Amaresh, N., Banu, P. N., & Maheswari, R. U. (2014). Role Of Fruits In Brain Health. World Journal of Pharmaceutical ReseaRch, 3(3).
Muslih, A. M., A. Bintoro., T. Arlita., A. U. Rasyid., H. A. Umam., A. Farida., & A.L. Yanti. (2021, February). The study of silvicultural aspects of community forest in Buana Sakti Lampung Province. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 667, No. 1, p. 012053). IOP Publishing.
Mustafa, H. (2012). Strategic Communication Campaign on Fuel Efficiency: An Assessment of Knowledge and Behaviors among Malaysian Drivers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 49, 183-192.
Tsui, P. E., & Cheung, P. B. (2017). 14th International Conference on Intellectual Capital , Knowledge Management & Organisational Learning ICICKM 2017 Hosted By The Hong Kong Polytechnic University 7-8 December 2017 Edited by. December.
Rahman. 2020. Isi Piringku Pedoman Gizi Seimbang Untuk Kehidupan Sehari-hari.
Reno, M., D. Sriwidadi., M. F. F. Al Haibah., S. Sabrina., A. R. Putra., D. Darmawan., C. T. Dzinnur., M. Y. M. El-Yunusi., R. Hardyansah. & M. C. Rizky. (2025). Inovasi Pembuatan Pagar Taman Dari Kayu dan Daur Ulang Botol Bekas di Universitas Sunan Giri Surabaya. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan, 2(1), 189-198.
Soekirman. 2012. Ilmu Gizi dan Aplikasinya untuk Keluarga dan Masyarakat. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan: Jakarta.
Srijayanti, N. L. C. R. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Social Media Content Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Buah Ohmyfresh (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
Stringer, E. T. (2007). Action Research (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
Surahmah, S., Mardikaningsih, R., Masnawati, E., El-Yunusi, M. Y. M., Dzinnur, C. T. I., Darmawan, D., & Pakpahan, N. H. (2024). Optimalisasi potensi pasar lokal: Peluang pemasaran UMKM dengan media digital. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 61-74.
Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
Suryani, R. (2022). Manfaat Konsumsi Buah untuk Kesehatan Jangka Panjang. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 18(1), 45-52.
Suryanto, A. (2020). Peran Toko Buah dalam Meningkatkan Konsumsi Gizi Seimbang. Susilo, D. (2007). Participatory Action Research: Sebuah Pendekatan Alternatif dalam Penelitian Sosial. Surabaya: LaksBang Pressindo.
Mowen JC, Mirror M. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
World Health Organization (WHO). (2020). Global Strategy on Diet, Physical Activity and Health. World Health Organization, Genev.
Wulandari, D. (2021). Panduan Memilih Buah Segar dan Matang dengan Tepat. Jurnal Gizi Seimbang, 13(2), 101-10.
- Ahmad I, Hermiyetti, (2007). Analisis Produksi dan Konsumsi susu di Indonesia. Paper Semiloka Nasional Prospek Industri Sapi Perah Menuju Perdagangan Bebas 2020.
- Alba, J. W., & Hutchinson, J. W. (1987). Dimensions of Consumer Expertise. Journal of Consumer Research, 13(4), 411.
- Al-Kautsari, M. M. (2019). Asset-Based Community Development: Strategi Pengembangan Masyarakat. Empower: Jurnal Pengembangan Masyarakat Islam, 4(2), 259-278.
- Bate’e, A. T., Septiani, D. L., Pradana, G., Krisanti, S. R., & Widodasih, R. W. K. (2024). Analisis Studi Kelayakan Bisnis Pada UMKM Ditinjau Dari Aspek Pasar Dan Pemasaran (Studi Kasus Sop Ayam Pak Mim Klaten Di Cikarang Selatan). Jurnal Masharif Al-Syariah: Jurnal Ekonomi Dan Perbankan Syariah, 9(1), 221–235.
- Bilgihan, A., A. Barreda., F. Okumus., & K. Nusair. (2016). Consumer perception of knowledge-sharing in travel-related online social networks. Tourism Management, 52, 287-296.
- Chambers, R. (1995). Pembangunan desa mulai dari belakang. Jakarta: Lembaga Penelitian, Pendidikan, Penerangan Ekonomi dan Sosial.
- Darni, J., & R. Wahyuningsih. (2022). Edukasi Manfaat Sayur dan Buah Pada Remaja Dengan Status Obesitas Di SMA N 8 Dasan Cermen Kota Mataram. Jurnal Kreativitas Pengabdian Kepada Masyarakat (PKM), 5(2), 464-471.
- Dwiyanto, A. (2021). Mewujudkan good governance melalui pelayanan publik. Ugm Press.
- Engel, James F dan Blackwell, Roger D, dan Miniarad, Paul.W. 1990. Perilaku Konsumen, Penerbit Binarupa Aksara, Jakarta Barat.
- Erinosho, T. O., R. P. Moser., A. Y. Oh., L. C. Nebeling., & A. L. Yaroch. (2012). Awareness of the Fruits and Veggies—More Matters campaign, knowledge of the fruit and vegetable recommendation, and fruit and vegetable intake of adults in the 2007 Food Attitudes and Behaviors (FAB) Survey. Appetite, 59(1), 155-160.
- Fadil, A. W., Purbanjito, A. T., Chaironi, A. A., Saputra, D., Fauziah, H. N., Hermawan, I. N., & Yitna, W. W. (2023). Pemberdayaan Masyarakat Desa Cijati Melalui Metode ABCD Guna Membantu Meningkatkan Perekonomian Masyarakat Desa Cijati Kecamatan Cimanggu. Kampelmas, 2(1), 141-147.
- Hidayati, N. (2020). Manfaat Konsumsi Buah dan Sayur dalam Menjaga Kesehatan. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 3(2), 23-29.
- Jabar, D. (2021). Profil Kesehatan Provinsi Jawa Barat 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Jawa Barat, Bandung.
- Kementrian Kesehatan RI. (2018). Profil Kesehatan Indonesia 2017. Kemenkes RI: Jakarta.
- Kretzmann, J. P., & McKnight, J. (1993). Building communities from the inside out.
- Kusmiyati., D. A. C. Rasmi., P. Sedijani., Khairuddin. (2022). Penyuluhan Tentang Pentingnya Konsumsi Buah Untuk Menjaga Imunitas Tubuh. Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 5(4), 6-11.
- Muchtadi, D. (2008). Pengantar Ilmu Gizi. Alfabeta, Bandung.
- Mullaicharam, A. R., Deori, G., Amaresh, N., Banu, P. N., & Maheswari, R. U. (2014). Role Of Fruits In Brain Health. World Journal of Pharmaceutical ReseaRch, 3(3).
- Muslih, A. M., A. Bintoro., T. Arlita., A. U. Rasyid., H. A. Umam., A. Farida., & A.L. Yanti. (2021, February). The study of silvicultural aspects of community forest in Buana Sakti Lampung Province. In IOP Conference Series: Earth and Environmental Science (Vol. 667, No. 1, p. 012053). IOP Publishing.
- Mustafa, H. (2012). Strategic Communication Campaign on Fuel Efficiency: An Assessment of Knowledge and Behaviors among Malaysian Drivers. Procedia-Social and Behavioral Sciences, 49, 183-192.
- Tsui, P. E., & Cheung, P. B. (2017). 14th International Conference on Intellectual Capital , Knowledge Management & Organisational Learning ICICKM 2017 Hosted By The Hong Kong Polytechnic University 7-8 December 2017 Edited by. December.
- Rahman. 2020. Isi Piringku Pedoman Gizi Seimbang Untuk Kehidupan Sehari-hari.
- Reno, M., D. Sriwidadi., M. F. F. Al Haibah., S. Sabrina., A. R. Putra., D. Darmawan., C. T. Dzinnur., M. Y. M. El-Yunusi., R. Hardyansah. & M. C. Rizky. (2025). Inovasi Pembuatan Pagar Taman Dari Kayu dan Daur Ulang Botol Bekas di Universitas Sunan Giri Surabaya. Aksi Nyata: Jurnal Pengabdian Sosial dan Kemanusiaan, 2(1), 189-198.
- Soekirman. 2012. Ilmu Gizi dan Aplikasinya untuk Keluarga dan Masyarakat. Departemen Pendidikan Nasional. Direktorat Jendral Pendidikan: Jakarta.
- Srijayanti, N. L. C. R. (2024). Pengaruh Celebrity Endorsement, Social Media Content Dan Brand Image Terhadap Minat Beli Konsumen Pada Toko Buah Ohmyfresh (Doctoral dissertation, Universitas Mahasaraswati Denpasar).
- Stringer, E. T. (2007). Action Research (3rd ed.). Thousand Oaks, CA: Sage Publications.
- Surahmah, S., Mardikaningsih, R., Masnawati, E., El-Yunusi, M. Y. M., Dzinnur, C. T. I., Darmawan, D., & Pakpahan, N. H. (2024). Optimalisasi potensi pasar lokal: Peluang pemasaran UMKM dengan media digital. Pandawa: Pusat Publikasi Hasil Pengabdian Masyarakat, 2(2), 61-74.
- Sumarwan, U. (2015). Perilaku Konsumen Teori Penerapannya Dalam Pemasaran Edisi Kedua. Cetakan Ketiga. Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.
- Suryani, R. (2022). Manfaat Konsumsi Buah untuk Kesehatan Jangka Panjang. Jurnal Gizi dan Kesehatan, 18(1), 45-52.
- Suryanto, A. (2020). Peran Toko Buah dalam Meningkatkan Konsumsi Gizi Seimbang. Susilo, D. (2007). Participatory Action Research: Sebuah Pendekatan Alternatif dalam Penelitian Sosial. Surabaya: LaksBang Pressindo.
- Mowen JC, Mirror M. 2002. Perilaku Konsumen. Jakarta: Penerbit Erlangga.
- World Health Organization (WHO). (2020). Global Strategy on Diet, Physical Activity and Health. World Health Organization, Genev.
- Wulandari, D. (2021). Panduan Memilih Buah Segar dan Matang dengan Tepat. Jurnal Gizi Seimbang, 13(2), 101-10.
Most read articles by the same author(s)
- Miza Elmy Safira, Muhammad Yusron Maulana El-Yunusi, PENDAMPINGAN PADA PENGURUS PONDOK PESANTREN SALAFIYAH SYAFI’IYAH TAMBAKBERAS JOMBANG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MANAJERIAL ORGANISASI , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 2 No. 1, April (2023): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat