PENERAPAN DEEP LEARNING PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA
Abstract:
Penerapan Deep Learning dalam pembelajaran Bahasa Indonesia bertujuan menciptakan pengalaman belajar yang mendalam, bermakna, dan relevan. Pendekatan ini mengedepankan penguasaan konsep secara mendalam, mendorong peserta didik untuk berpikir kritis, berkolaborasi, serta menghubungkan materi dengan kehidupan sehari-hari. Melalui strategi seperti proyek menulis cerita dan puisi, diskusi kelompok, serta aktivitas interaktif seperti permainan bahasa dan simulasi, pembelajaran Bahasa Indonesia menjadi lebih menarik dan efektif. Dalam artikel ini digunakan metode studi literatur dan dokumentasi untuk mengeksplorasi berbagai strategi pembelajaran berbasis Deep Learning. Hasil menunjukkan bahwa penerapan Deep Learning tidak hanya meningkatkan keterampilan berbahasa, tetapi juga membangun kemampuan berpikir kritis dan analitis peserta didik. Selain itu, peran guru sebagai fasilitator dan kolaborasi dengan orang tua merupakan faktor penting dalam mendukung keberhasilan pendekatan ini. Dengan penerapan Deep Learning, pembelajaran Bahasa Indonesia dapat menjadi lebih bermakna dan berkelanjutan, membekali peserta didik dengan keterampilan yang relevan untuk kehidupan mereka.
The application of Deep Learning in Indonesian language learning aims to create a deep, meaningful, and relevant learning experience. This approach emphasizes deep mastery of concepts, encourages students to think critically, collaborate, and connect the material to everyday life. Through strategies such as story and poetry writing projects, group discussions, and interactive activities such as language games and simulations, Indonesian language learning becomes more interesting and effective. This article uses literature study and documentation methods to explore various Deep Learning-based learning strategies. The results show that the application of Deep Learning not only improves language skills, but also builds students' critical and analytical thinking skills. In addition, the role of teachers as facilitators and collaboration with parents are important factors in supporting the success of this approach. With the application of Deep Learning, Indonesian language learning can be more meaningful and sustainable, equipping students with skills that are relevant to their lives.