PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMA

Diterbitkan: Apr 1, 2025

Abstrak:

The learning model known as Project Based Learning, often abbreviated as PjBL, has attracted significant attention in the context of its application in the world of education, especially related to increasing student participation in the learning process. This study will explore the PjBL learning model using examples of observation reporting tasks. This study uses a classroom action research design in 3 cycles, namely pre-cycle, cycle I, and cycle II. Based on the results of the study and discussion, it can be concluded that the use of the Project Based Learning (PjBL) learning model can improve student learning outcomes and activity. In student learning outcomes increased significantly by 80%. This can be seen in the categories of very good, good, sufficient, and less. In cycle II, student learning outcomes increased. Based on the increase in student activity, namely in the pre-cycle, student activity obtained a presentation of 25%, in cycle I the first meeting and the second meeting increased by 28% and in cycle II increased to 30%.

Model pembelajaran yang dikenal sebagai Project Based Learning, sering disingkat PjBL, telah menarik perhatian yang cukup signifikan dalam konteks penerapannya dalam dunia pendidikan, khususnya terkait dengan peningkatan partisipasi siswa dalam proses belajar. Penelitian ini akan mengeksplorasi model pembelajaran PjBL dengan menggunakan contoh dari tugas pelaporan hasil pengamatan. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Tindakan kelas dalam 3 siklus, yaitu pra siklus, siklus I, dan siklus II. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan, maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan model pembelajaran Project Based Learning (PjBL) dapat meningkatkan hasil belajar dan keaktifan siswa. Dalam hasil belajar siswa meningkat secara signifikan sebanyak 80% Hal ini terlihat dalam kategori sangat baik, baik, cukup, dan kurang. Pada siklus II hasil belajar siswa meningkat. Berdasarkan peningkatan keaktifan siswa yakni pada pra siklus keaktifan siswa memperoleh presentasi 25%, pada siklus I pertemuan pertama dan pertemuan kedua meningkat sebanyak 28% dan pada siklus II meningkat menjadi 30%.

Penulis:
1 . Afifah Nur Laila Zulfa
2 . Andi Haris Prabawa
Cara Mengutip
Zulfa, A. N. L., & Prabawa, A. H. (2025). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING TEKS LAPORAN HASIL OBSERVASI KELAS X UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN SISWA SMA. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1, April), 77–85. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/simbol/article/view/449