PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENGIDENFIKASI ISI, SISTEMATIKA, DAN KEBAHASAAN TEKS PROPOSAL PADA SISWA KELAS XI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK

Diterbitkan: Apr 1, 2025

Abstrak:

Although it may seem trivial, many students still do not fully understand the material on proposal texts. In fact, proposal texts are an important subject due to their utility in activities related to school and beyond. Field observations revealed that students often exhibit low motivation in learning proposal text materials because the subject is considered ordinary, compounded by the use of limited learning media, such as worksheets, and lecture-based teaching methods. Consequently, students frequently show low enthusiasm and engagement during the learning process, particularly when studying proposal texts.To address these challenges, enhancing students' learning motivation requires the use of adequate and supportive learning media. This study aims to: (1) analyze the results of developing Canva-based audio-visual learning media for examining the content, structure, and language of proposal texts among 11th-grade students at MA Syekh Subakir Nglegok, and (2) evaluate the feasibility of the learning media for the same purpose. The research methodology employed is Research and Development (R&D), following the steps outlined by Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, and Melvyn I. Semmel (1974). These steps include needs analysis, product design, product testing, and product revision. Based on the research findings, evaluations by subject matter experts yielded a score of 95.8% (highly feasible), media experts 95.8% (highly feasible), practitioners or teachers 89.4% (highly feasible), and students 84% (feasible). These results demonstrate that the developed learning media can serve as a motivator for improving students' learning outcomes and are considered highly feasible for implementation as an alternative solution for Indonesian language learning media, particularly in proposal text materials

Meskipun terlihat sepele, ternyata masih banyak siswa belum memahami dengan betul materi teks proposal. Padahal teks proposal merupakan materi yang penting mengenai manfaatnya yang dapat digunakan ketika dalam berkegiatan yang kaitannya dengan sekolah maupun di luar sekolah. Setelah observasi di lapangan, hasil yang ditemukan peneliti yaitu masih adanya motivasi siswa yang rendah dalam mempelajari materi teks proposal, karena materi ini dianggap biasa, ditambah dengan inovasi media pembelajaran hanya menggunakan buku LKS dan dengan menggunakan metode ceramah. Oleh karena itu seringkali siswa memiliki semangat yang rendah atau kurang dalam mengikuti proses pembelajaran, khususnya pada materi teks proposal. Mengatasi kendala tersebut, peningkatan motivasi belajar siswa diperlukan dengan memakai media pembelajaran yang mumpuni sekaligus mendukung proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini untuk: (1) mengetahui hasil pengembangan media pembelajaran audio-visual berbasis aplikasi Canva dalam menganalisis isi, penataan, dan kebahasaan teks proposal pada siswa/i kelas XI MA Syekh Subakir Nglegok, dan (2) menilai kelayakan media pembelajaran tersebut untuk tujuan yang sama. Pemakaian metode penelitian ini yaitu metode Research and Development (R&D) yang mengacu pada langkah menurut Sivasailam Thiagarajan, Dorothy S. Semmel, dan Melvyn I. Semmel (1974), dengan cakupan tahapan analisis kebutuhan, perancangan produk, uji coba produk, serta revisi produk. Mengacu pada hasil penelitian, penilaian dari ahli materi menunjukkan skor 95,8% (sangat layak), ahli media 95,8% (sangat layak), praktisi atau guru 89,4% (sangat layak), dan siswa 84% (layak). Hasil ini memperlihatkan bahwa pengembangan media pembelajaran yang dilakukan bisa mennjadi pendorong dalam peningktan belajar siswa dan dinilai sangat layak untuk diimplementasikan sebagai solusi alternatif media dalam pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya dalam materi teks proposal.

Penulis:
1 . Ainun Nafi’ah
2 . Lailiyatus Sa’diyah
3 . Agus Hermawan
4 . Saptono Hadi
Cara Mengutip
Nafi’ah, A., Sa’diyah, L., Hermawan, A., & Hadi, S. (2025). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENGIDENFIKASI ISI, SISTEMATIKA, DAN KEBAHASAAN TEKS PROPOSAL PADA SISWA KELAS XI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK . J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1, April), 86–97. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/simbol/article/view/450