EKSPLORASI PEMBELAJARAN BERBASIS MINDFULNESS DALAM MENINGKATKAN FOKUS DAN SIKAP RELIGIUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA

Diterbitkan: Apr 4, 2025

Abstrak:

This study aims to explore the application of mindfulness-based learning in enhancing learning focus and religious attitudes among students of the Arabic Language Education Program at UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. The research employed a qualitative method with a case study approach. Data were collected through observations, interviews, and documentation involving lecturers and students participating in the implementation of mindfulness methods. The findings reveal that mindfulness-based learning helps students improve concentration, reduce distractions, and cultivate deeper spiritual awareness. This process also fosters the internalization of Islamic values, reflected in students' religious attitudes, such as discipline in worship and better emotional management. These findings recommend the integration of mindfulness methods into the Arabic language curriculum to optimize academic achievements while shaping students' religiouscharacter.

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi penerapan pembelajaran berbasis mindfulness dalam meningkatkan fokus belajar dan sikap religius mahasiswa Program Studi Pendidikan Bahasa Arab di UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi terhadap dosen dan mahasiswa yang terlibat dalam implementasi metode mindfulness. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran berbasis mindfulness membantu mahasiswa meningkatkan konsentrasi dalam belajar, mengurangi distraksi, dan membangun kesadaran spiritual yang lebih mendalam. Proses ini juga mendorong penghayatan nilai-nilai keislaman yang tercermin dalam sikap religius mahasiswa, seperti kedisiplinan dalam ibadah dan pengelolaan emosi yang lebih baik. Temuan ini merekomendasikan integrasi metode mindfulness dalam kurikulum pembelajaran bahasa Arab untuk mengoptimalkan capaian akademik sekaligus membentuk karakter religius mahasiswa.

Penulis:
1 . Muti’ah Fadillah
2 . Eva Latipah
3 . Rohmatun Lukluk Isnaini
Cara Mengutip
Fadillah, M., Latipah, E., & Isnaini, R. L. (2025). EKSPLORASI PEMBELAJARAN BERBASIS MINDFULNESS DALAM MENINGKATKAN FOKUS DAN SIKAP RELIGIUS MAHASISWA PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA ARAB DI UIN SUNAN KALIJAGA YOGYAKARTA. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1, April), 185–196. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/simbol/article/view/458