IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TEKS PROSEDUR MELALUI APLIKASI KELAS PINTAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA

Diterbitkan: Apr 12, 2025

Abstrak:

The lack of understanding of procedural text material among students and the limited facilities available to several grade VII students at SMP Muhammadiyah 3 Surabaya provide the context for this study, implementing differentiated learning of procedural texts using the Kelas Pintar application. This quantitative descriptive using 17 students as subjects. Data were collected through cognitive diagnostic tests and evaluations of learning outcomes. The results indicated that differentiated learning effectively enhanced students' understanding by providing tasks tailored to their individual ability levels. Students in the advanced category successfully created creative videos, while those with partial understanding produced interactive posters. The Kelas Pintar application has proven to be effective in fostering an innovative learning environment and supporting the development of student skills.

Kurangnya pemahaman siswa terhadap materi teks prosedur dan keterbatasan fasilitas yang dimiliki oleh beberapa siswa kelas VII SMP Muhammadiyah 3 Surabaya menjadi latar belakang dilakukannya penelitian ini dengan mengimplementasikan pembelajaran diferensiasi teks prosedur menggunakan aplikasi Kelas Pintar. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan subjek sebanyak 17 siswa. Data dikumpulkan melalui tes diagnostik kognitif dan evaluasi hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran diferensiasi mampu meningkatkan pemahaman siswa melalui tugas yang disesuaikan dengan tingkat kemampuan mereka. Siswa dalam kategori mahir berhasil membuat video kreatif, sedangkan siswa kategori paham sebagian menghasilkan poster interaktif. Aplikasi Kelas Pintar terbukti efektif dalam menciptakan lingkungan pembelajaran yang inovatif dan mendukung perkembangan keterampilan siswa.

Penulis:
1 . Sherina Yulia Wardani
2 . Sujinah Sujinah
3 . Idhoofiyatul Fatin
Cara Mengutip
Wardani, S. Y., Sujinah, S., & Fatin , I. (2025). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN DIFERENSIASI TEKS PROSEDUR MELALUI APLIKASI KELAS PINTAR KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 3 SURABAYA. J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 13(1, April), 226–241. Diambil dari https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/simbol/article/view/461