PENGEMBANGAN MEDIA PUZZLE KARTUN CINDERELLA UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS CERITA FANTASI KELAS VII B MTS MA’ARIF NU KOTA BLITAR
Abstrak:
This research is based on observations conducted in the VII grade class at MTS Maarif NU, Kota Blitar. The researcher found that the lack of innovation in learning media caused students to remain passive, merely listening, paying attention, and following the teacher's instructions. Therefore, engaging learning media that can facilitate the learning process is needed to achieve the learning objectives and criteria.Based on these issues, this study developed a learning medium called "Cinderella Manga Puzzle" to improve students' skills in writing fantasy stories. The research problems addressed include: 1) How is the development process of the "Cinderella Manga Puzzle" media? 2) What is the feasibility level of the media?. Developing the "Cinderella Manga Puzzle" learning media and testing its feasibility became the main objectives of this study. Data collection was conducted through interviews with teachers, distributing questionnaires, and observations. The development test results showed that this media achieved a score of 85%, categorized as "high feasibility." These results indicate that the "Cinderella Manga Puzzle" media is suitable for use, with some follow-up improvements based on respondent feedback. This media is expected to serve as an alternative teaching material, especially to assist VII-grade students in writing fantasy stories.
Penelitian ini didasari oleh hasil pengamatan di kelas VII MTS Maarif NU Kota Blitar. Peneliti menemukan bahwa kurangnya inovasi dalam media pembelajaran membuat siswa hanya pasif, yakni mendengarkan, memperhatikan, dan mengikuti instruksi guru. Oleh karena itu, diperlukan media pembelajaran yang menarik dan dapat memfasilitasi proses belajar agar tujuan dan kriteria pembelajaran dapat tercapai. Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini mengembangkan media pembelajaran “Cinderella Manga Puzzle” untuk meningkatkan keterampilan menulis cerita fantasi siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini mencakup: 1) Bagaimana proses pengembangan media “Cinderella Manga Puzzle”? 2) Bagaimana tingkat kelayakan media tersebut?. Dan mengembangkan media pembelajaran “Cinderella Manga Puzzle” menjadi tujuan penelitian ini serta menguji kelayakannya. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara dengan guru, penyebaran angket, dan observasi. Hasil uji pengembangan memperlihatkan bahwa media ini mendapatkan nilai sebesar 85%, yang tergolong dalam kategori "feasibility tinggi." Hasil ini memperlihatkan bahwa media “Cinderella Manga Puzzle” layak digunakan dengan beberapa tindak lanjut berdasarkan masukan dari responden. Media ini diharapkan dapat menjadi alternatif bahan ajar, khususnya untuk membantu siswa kelas VII dalam menulis cerita fantasi.
Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama
- Ainun Nafi’ah, Lailiyatus Sa’diyah, Agus Hermawan, Saptono Hadi, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIO VISUAL BERBASIS APLIKASI CANVA UNTUK MENGIDENFIKASI ISI, SISTEMATIKA, DAN KEBAHASAAN TEKS PROPOSAL PADA SISWA KELAS XI MA SYEKH SUBAKIR NGLEGOK , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol 13 No 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
- Hanim Latifah, Lailiyatus Sa’diyah, Agus Hermawan, Saptono Hadi, PENGEMBANGAN MEDIA GAMBAR BERSERI UNTUK MENULIS TEKS CERITA FANTASI SISWA KELAS VII SMP DARUSSALAM KADEMANGAN KABUPATEN BLITAR , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol 13 No 1, April (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia