PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO
Abstract:
This research was motivated by the low reading ability of students in identifying persuasive texts. The purpose of this study was to determine the effect of the Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Learning Method on the Ability to Identify Persuasive Texts of Grade VIII students at SMP Negeri 1 Hiliduho. This research is a quantitative research with an experimental approach. This research has two variables, namely independent and dependent variables. The results of the study showed that the learning outcomes taught using the Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) learning method were higher than the learning outcomes of students taught using the conventional lecture method. The results of statistical tests showed that the learning outcomes of students with the Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) method were a pretest in the experimental class of 49% and a posttest of 84.75%, while the learning outcomes of students using the conventional learning method were a pretest in the control class of 45% and a posttest of 54.50%. The results of hypothesis testing obtained t-count > t-table, namely 22.01 > 1.725 at the α = 0.05 level.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca siswa dalam mengidentfikasi teks persuasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini memiliki dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) adalah pretes pada kelas eksperimen sebesar 49% dan posttest sebesar 84,75% sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes pada kelas kontrol sebesar 45% dan posttest sebesar 54,50%. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 22,01 > 1,725 pada taraf = 0,05.