PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO
Abstract:
This research was motivated by the low reading ability of students in identifying persuasive texts. The purpose of this study was to determine the effect of the Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Learning Method on the Ability to Identify Persuasive Texts of Grade VIII students at SMP Negeri 1 Hiliduho. This research is a quantitative research with an experimental approach. This research has two variables, namely independent and dependent variables. The results of the study showed that the learning outcomes taught using the Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) learning method were higher than the learning outcomes of students taught using the conventional lecture method. The results of statistical tests showed that the learning outcomes of students with the Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) method were a pretest in the experimental class of 49% and a posttest of 84.75%, while the learning outcomes of students using the conventional learning method were a pretest in the control class of 45% and a posttest of 54.50%. The results of hypothesis testing obtained t-count > t-table, namely 22.01 > 1.725 at the α = 0.05 level.
Abstrak
Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya kemampuan membaca siswa dalam mengidentfikasi teks persuasif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Metode Pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) Terhadap Kemampuan Mengidentifikasi Teks Persuasif Siswa Kelas VIII SMP Negeri 1 Hiliduho. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Penelitian ini memiliki dua variabel yakni variabel bebas dan variabel terikat. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hasil belajar yang diajarkan dengan metode pembelajaran Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) lebih tinggi dari hasil belajar siswa yang diajarkan dengan metode pembelajaran konvensional yaitu ceramah. Hasil uji statistik menunjukkan hasil belajar siswa dengan Survey, Question, Read, Recite, Review (SQ3R) adalah pretes pada kelas eksperimen sebesar 49% dan posttest sebesar 84,75% sedangkan hasil belajar siswa yang menggunakan metode pembelajaran konvensional adalah pretes pada kelas kontrol sebesar 45% dan posttest sebesar 54,50%. Hasil pengujian hipotesis yang diperoleh thitung > ttabel yaitu 22,01 > 1,725 pada taraf = 0,05.
Most read articles by the same author(s)
- Hepi Friska Mendrofa, Noibe Halawa, Arozatulo Bawamenewi, Mastawati Ndruru, ANALISIS MAKNA SYAIR MAENA ZOWATÖ PADA PESTA PERNIKAHAN DI KABUPATEN NIAS UTARA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Agus Mesrawati Gea, Noibe Halawa, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, ANALISIS PEMAKAIAN EJAAN BAHASA INDONESIA YANG DISEMPURNAKAN DALAM SURAT-SURAT RESMI DI PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Desni Popintaria Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, Riana Riana, Mastawati Ndruru, ANALISIS PENGGUNAAN BENTUK KATA SAPAAN BAHASA NIAS DI DESA AMBUKHA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Merci Lestariani Lahagu, Imansudi Zega, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS SISWA PADA TEKS PROSEDUR MELALUI PERMAINAN RACE READING KELAS VII SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nita Septiani Waruwu, Iman Sudi Zega, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Analisis Tindak Tutur Lokusi Ilokusi dan perlokusi pada Novel Layangan Putus karya Mommy ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wita Kurniawati Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis pengaruh budaya bӧwӧ (Mahar) terhadap generasi Nias , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Margareta Meiwati Laia, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS MAKNA UNGKAPAN FAMOTU ONO NIHALÖ (NASIHAT KEPADA PENGANTIN PEREMPUAN) PADA PESTA PERNIKAHAN ADAT NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Yarliani Telaumbanua, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH STRUKTUR DAN KEBAHASAAN TEKS ULASAN MENGGUNAKAN MODEL GROUP INVESTIGATION KELAS VIII SMP NEGERI 8 GUNUNGSITOLI TAHUN AJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Eden Putri Harefa, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Noibe Halawa, ANALISIS KESALAHAN PENGGUNAAN MORFOLOGI PADA TEKS ULASAN SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 LOTU , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Novi Ratna Yanti Laoli, Riana Riana, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACATEKS PERSUASIF DENGAN MODEL PEMBELAJARANCIRC(COOPERATIVE, INTEGRATED, READING, AND COMPOSITION) SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya