PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR
Abstract:
The purpose of this research is to develop Indonesian language learning media based on social media technology (TikTok) on fiction material. This type of research is research and development (research and development), in the development model used is the 4-D model which consists of four stages, namely defining (define), designing (design), developing (develop), and disseminating (disseminate). Learning media based on social media technology (TikTok) developed through the validity test stage by three validators (content/material experts, linguists, and media experts), individual tests, small group tests, and field tests conducted at SMP N 4 East Lahewa. Based on the results of the research that has been conducted, learning media based on social media technology (TikTok) has been tested valid and feasible by content/material expert validators 92.5%, language expert validators 100%, and media expert validators 98.6%. The practicality of learning media in the individual test was 86.6%, small group trial 90%, and field trial 92% with a very practical category. The effectiveness of learning media has also been tested very effective with the percentage of classical completeness reaching 95%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa indonesia berbasis teknologi sosial media (TikTok) pada materi fiksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dalam model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media pembelajaran berbasis teknologi sosial media (TikTok) yang dikembangkan melalui tahap uji validitas oleh tiga validator (ahli isi/materi, ahli bahasa, dan ahli media), uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan yang dilakukan di SMP N 4 Lahewa Timur. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran berbasis teknologi sosial media (TikTok) telah teruji valid dan layak oleh validator ahli isi/materi 92,5%, validator ahli bahasa 100%, dan validator ahli media 98,6%. Kepraktisan media pembelajaran pada uji perseorangan sebesar 86,6%, uji coba kelompok kecil 90%, dan uji coba lapangan 92% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas media pembelajaran juga telah teruji sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 95%.
Most read articles by the same author(s)
- Laurensia Ndraha, Noibe Halawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Prilian Putri Cahyani Giawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BARU SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Esther Novi Christin Harefa, Lestari Waruwu, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Putri Harefa, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, MENGANALISIS TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS ASH HABUL KAHFI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Hasrat Ziliwu, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN FLIPCHART PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya