PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR
Abstract:
The purpose of this research is to develop Indonesian language learning media based on social media technology (TikTok) on fiction material. This type of research is research and development (research and development), in the development model used is the 4-D model which consists of four stages, namely defining (define), designing (design), developing (develop), and disseminating (disseminate). Learning media based on social media technology (TikTok) developed through the validity test stage by three validators (content/material experts, linguists, and media experts), individual tests, small group tests, and field tests conducted at SMP N 4 East Lahewa. Based on the results of the research that has been conducted, learning media based on social media technology (TikTok) has been tested valid and feasible by content/material expert validators 92.5%, language expert validators 100%, and media expert validators 98.6%. The practicality of learning media in the individual test was 86.6%, small group trial 90%, and field trial 92% with a very practical category. The effectiveness of learning media has also been tested very effective with the percentage of classical completeness reaching 95%.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran bahasa indonesia berbasis teknologi sosial media (TikTok) pada materi fiksi. Jenis penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (research and development), dalam model pengembangan yang digunakan adalah model 4-D yang terdiri dari empat tahapan yaitu pendefenisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Media pembelajaran berbasis teknologi sosial media (TikTok) yang dikembangkan melalui tahap uji validitas oleh tiga validator (ahli isi/materi, ahli bahasa, dan ahli media), uji perorangan, uji kelompok kecil, dan uji lapangan yang dilakukan di SMP N 4 Lahewa Timur. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan, media pembelajaran berbasis teknologi sosial media (TikTok) telah teruji valid dan layak oleh validator ahli isi/materi 92,5%, validator ahli bahasa 100%, dan validator ahli media 98,6%. Kepraktisan media pembelajaran pada uji perseorangan sebesar 86,6%, uji coba kelompok kecil 90%, dan uji coba lapangan 92% dengan kategori sangat praktis. Efektifitas media pembelajaran juga telah teruji sangat efektif dengan persentase ketuntasan klasikal mencapai 95%.
Most read articles by the same author(s)
- Penunjuk Jalan Gulo, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “LEMBARAN TERABAIKAN” KARYA NOIBE HALAWA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Masdya Zalukhu, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Riana Riana, PROSES AFIKSASI VERBA BAHASA NIAS DI KABUPATEN NIAS UTARA: KAJIAN MORFOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Anaria Zalukhu, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA SLANG MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NIAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wangi Netralli Lase, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya