PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA KELAS VIII 2023/2024
Abstract:
Persuasive text is one type of text that contains an invitation that functions to convince, influence or persuade the reader to follow the author. The purpose of the study was to determine the effect of using audio visual media on the ability to identify persuasive text. This type of research is a true experimental type with a quantitative approach. The research instrument was a test using pre-test and post-test. The results of the study are as follows: The results showed that the use of audio-visual media had a significant effect on students' ability to identify persuasive text. The average post-test score of the experimental group using audio-visual media was 85.75, higher than the control group using visual learning methods with an average post-test score of 69.55. This difference is supported by the results of the independent t-test which shows a t-value of -9.44 with a p-value of 0.000, which indicates that the average difference between the two groups is significant. In other words, the use of audio-visual media in persuasive text learning is able to significantly improve students' ability to identify persuasive text compared to the visual learning method.
Teks persuasif adalah salah satu jenis teks yang berisi ajakan yang berfungsi untuk meyakinkan, mempengaruhi atau membujuk pembacanya untuk mengikuti penulis. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi teks persuasif. Jenis penelitian ini jenis true eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian adalah tes menggunakan pre-test dan post –test. Hasil penelitian sebagai berikut: berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi teks persuasif. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual adalah 85,75, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran visual dengan rata-rata nilai post-test 69.55. Perbedaan ini didukung oleh hasil uji t independent yang menunjukkan nilai t sebesar -9.44 dengan p-value 0.000, yang menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara kedua kelompok adalah signifikan. Dengan kata lain, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks persuasif mampu meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasikan teks persuasif secara signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran visual.