PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA KELAS VIII 2023/2024
Abstract:
Persuasive text is one type of text that contains an invitation that functions to convince, influence or persuade the reader to follow the author. The purpose of the study was to determine the effect of using audio visual media on the ability to identify persuasive text. This type of research is a true experimental type with a quantitative approach. The research instrument was a test using pre-test and post-test. The results of the study are as follows: The results showed that the use of audio-visual media had a significant effect on students' ability to identify persuasive text. The average post-test score of the experimental group using audio-visual media was 85.75, higher than the control group using visual learning methods with an average post-test score of 69.55. This difference is supported by the results of the independent t-test which shows a t-value of -9.44 with a p-value of 0.000, which indicates that the average difference between the two groups is significant. In other words, the use of audio-visual media in persuasive text learning is able to significantly improve students' ability to identify persuasive text compared to the visual learning method.
Teks persuasif adalah salah satu jenis teks yang berisi ajakan yang berfungsi untuk meyakinkan, mempengaruhi atau membujuk pembacanya untuk mengikuti penulis. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual terhadap kemampuan mengidentifikasi teks persuasif. Jenis penelitian ini jenis true eksperimental dengan pendekatan kuantitatif. Instrumen penelitian adalah tes menggunakan pre-test dan post –test. Hasil penelitian sebagai berikut: berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media audio visual memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kemampuan siswa dalam mengidentifikasi teks persuasif. Rata-rata nilai post-test kelompok eksperimen yang menggunakan media audio visual adalah 85,75, lebih tinggi dibandingkan dengan kelompok kontrol yang menggunakan metode pembelajaran visual dengan rata-rata nilai post-test 69.55. Perbedaan ini didukung oleh hasil uji t independent yang menunjukkan nilai t sebesar -9.44 dengan p-value 0.000, yang menunjukkan bahwa perbedaan rata-rata antara kedua kelompok adalah signifikan. Dengan kata lain, penggunaan media audio visual dalam pembelajaran teks persuasif mampu meningkatkan kemampuan siswa mengidentifikasikan teks persuasif secara signifikan dibandingkan dengan metode pembelajaran visual.
Downloads
Most read articles by the same author(s)
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nelvan Putra Hulu, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENGEMBANGAN VIDEO PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN CANVA PADA MATERI SURAT PRIBADI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 ALASA TALUMOZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wangi Netralli Lase, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Stanislaus Rahasia Zalukhu, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE MEMBACA INSPEKSIONAL (SKIMMING) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 ALASA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nika Tri Warna Lase, Lestari Waruwu, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Sri Wahyuni Gulo, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya