PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024
Abstract:
Berdasarkan hasil observasi yang peneliti lakukan selama kegiatan Magang di SMP Negeri 5 Botomuzoi menunjukkan bahwa kemampuan siswa dalam menulis teks persuasi masih rendah dan tidak memenuhi KKM (Kriterial Ketuntasan Minimal) nilai siswa masih di bawah KKM. Masalah yang dihadapi siswa dalam menulis teks persuasi di kelas VIII SMP Negeri 5 Botomuzoi adalah pada saat guru mengajar ada beberapa siswa yang tidak memperhatikan pada saat menjelaskan materi menulis teks persuasi termasuk dalam penentuan isi, saran, ajakan dan cara menyajikan informasi teks persuasi. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian tindakan kelas atau PTK. Penelitian tindakan berkembang menjadi Penelitian Tindakan Kelas (PTK) atau Classroom Action Research (CAR) adalah penelitian Tindakan yang dilaksanakan di dalam kelas ketika pembelajaran berlangsung penelitian yang digunakan penulis. Lokasi penelitian ini adalah di kelas VIII SMP Negeri 5 Botomuzoi yang terletak di Desa Hilimbawa Botomuzoi Kecamatan Botomuzoi Kabupaten Nias. 2. Hasil observasi siswa siklus I sebesar 70 %. Sedangkan, hasil observasi siklus II sebesar 95,38%. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa hasil presentase hasil belajar siswa pada siklus II lebih baik dari pada siklus I.
Based on the results of observations conducted by researchers during the Internship at SMP Negeri 5 Botomuzoi, it shows that students' ability in writing persuasive texts is still low and does not meet the KKM (Minimum Completion Criteria) students' scores are still below the KKM. The problem faced by students in writing persuasive texts in class VIII of SMP Negeri 5 Botomuzoi is that when the teacher teaches there are some students who do not pay attention when explaining the material for writing persuasive texts including determining the content, suggestions, invitations and how to present persuasive text information. The type of research used in this study is the type of classroom action research or PTK. Action research develops into Classroom Action Research (PTK) or Classroom Action Research (CAR) is an Action research carried out in the classroom when learning takes place, the research used by the author. The location of this research is in class VIII of SMP Negeri 5 Botomuzoi which is located in Hilimbawa Botomuzoi Village, Botomuzoi District, Nias Regency. 2. The results of student observations in cycle I were 70%. Meanwhile, the results of observations in cycle II were 95.38%. From these data, it shows that the percentage results of student learning outcomes in cycle II are better than in cycle I.
Most read articles by the same author(s)
- Laurensia Ndraha, Noibe Halawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Prilian Putri Cahyani Giawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BARU SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Esther Novi Christin Harefa, Lestari Waruwu, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Putri Harefa, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, MENGANALISIS TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS ASH HABUL KAHFI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Hasrat Ziliwu, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN FLIPCHART PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.