PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE
Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah di SMP Negeri 1 Mandrehe. Adapun alasan peneliti memilih lokasi penelitian adalah: Peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD smp Negeri 1 Mandrehe. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran siklus I, dengan rata-rata nilai hasil belajar 58,5. Nilai terendah yang dicapai adalah 33,3 dan nilai tertingginya adalah 85. Namun pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 82,9. Nilai terendah pada siklus II adalah 63,3 dan nilai tertingginya adalah 94,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 3. Model pembelajaran kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD SMP Negeri 1 mandrehe dan terbukti memberikan dampak positif yang kuat dalam memotivasi siswa.
This research was conducted using Classroom Action Research. The research location chosen by the researcher was at SMP Negeri 1 Mandrehe. The reasons why the researcher chose the research location were: The researcher wanted to apply the Contextual learning model to improve the ability to write expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 2. The results of the study showed that there was an increase in students' abilities in learning cycle I, with an average learning outcome score of 58.5. The lowest score achieved was 33.3 and the highest score was 85. However, in cycle II, there was a more significant increase with an average learning outcome score reaching 82.9. The lowest score in cycle II was 63.3 and the highest score was 94.1. Thus, it can be concluded that the application of the contextual learning model is effective in improving students' abilities in writing expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 3. The contextual learning model has proven effective in improving students' ability to write expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe and has proven to have a strong positive impact in motivating students.