PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE
Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah di SMP Negeri 1 Mandrehe. Adapun alasan peneliti memilih lokasi penelitian adalah: Peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD smp Negeri 1 Mandrehe. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran siklus I, dengan rata-rata nilai hasil belajar 58,5. Nilai terendah yang dicapai adalah 33,3 dan nilai tertingginya adalah 85. Namun pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 82,9. Nilai terendah pada siklus II adalah 63,3 dan nilai tertingginya adalah 94,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 3. Model pembelajaran kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD SMP Negeri 1 mandrehe dan terbukti memberikan dampak positif yang kuat dalam memotivasi siswa.
This research was conducted using Classroom Action Research. The research location chosen by the researcher was at SMP Negeri 1 Mandrehe. The reasons why the researcher chose the research location were: The researcher wanted to apply the Contextual learning model to improve the ability to write expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 2. The results of the study showed that there was an increase in students' abilities in learning cycle I, with an average learning outcome score of 58.5. The lowest score achieved was 33.3 and the highest score was 85. However, in cycle II, there was a more significant increase with an average learning outcome score reaching 82.9. The lowest score in cycle II was 63.3 and the highest score was 94.1. Thus, it can be concluded that the application of the contextual learning model is effective in improving students' abilities in writing expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 3. The contextual learning model has proven effective in improving students' ability to write expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe and has proven to have a strong positive impact in motivating students.
Most read articles by the same author(s)
- Niksapta Debora Waruwu, Mastawati Ndruru, Arozatulo Bawamenewi, Lestari Waruwu, ANALISIS NILAI BUDAYA TARI FARITIA HALU DI UPTD SMP NEGERI 1 ULU MORO’O , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Jessica Nurniat Zebua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Yanida Bu'ulolo, POLA SUKU KATA BENDA BAHASA NIAS DI PEKAN BOTOMBAWÖ KECAMATAN HILISERANGKAI : KAJIAN FONOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Agnes Linda Astuti Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Lestari Waruwu, ANALISIS ACARA FANGOTOME’Ö SATUA PADA BUDAYA NIAS DI ÖRI LARAGA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Memori Sitefani Lase, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM DIALOG FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA KARYA WIRAPUTRA BASRI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Frengki Faebua Dodo Daeli, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, Riana Riana, ANALISIS NILAI BUDAYA NIAS FAME’E FANGASI SETELAH ACARA PEMAKAMAN DI DESA EHOSAKHOZI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Tati Murni Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, ANALISIS KESALAHAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Fany Erlinawati Hulu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, LEKSIKON METAFORIS DALAM SYAIR MAENA PERNIKAHAN DI DESA HAREFANAESE KECAMATAN ALASA TALUMUZOI KABUPATEN NIAS UTARA: EKOLINGUISTIK , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Loriewina Zalukhu, Mastawati Ndruru, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, STRUKTUR SUKU KATA KERJA DALAM BAHASA NIAS UTARA: KAJIAN FONOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Penunjuk Jalan Gulo, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS NILAI MORAL DALAM NOVEL “LEMBARAN TERABAIKAN” KARYA NOIBE HALAWA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Masdya Zalukhu, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Riana Riana, PROSES AFIKSASI VERBA BAHASA NIAS DI KABUPATEN NIAS UTARA: KAJIAN MORFOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.