PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE
Abstract:
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan Penelitian Tindakan Kelas. Lokasi penelitian yang dipilih oleh peneliti adalah di SMP Negeri 1 Mandrehe. Adapun alasan peneliti memilih lokasi penelitian adalah: Peneliti ingin menerapkan model pembelajaran Kontekstual untuk meningkatkan kemampuan menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD smp Negeri 1 Mandrehe. 2. Hasil penelitian menunjukkan bahwa adanya peningkatan kemampuan siswa dalam pembelajaran siklus I, dengan rata-rata nilai hasil belajar 58,5. Nilai terendah yang dicapai adalah 33,3 dan nilai tertingginya adalah 85. Namun pada siklus II, terjadi peningkatan yang lebih signifikan dengan rata-rata nilai hasil belajar mencapai 82,9. Nilai terendah pada siklus II adalah 63,3 dan nilai tertingginya adalah 94,1. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kontekstual efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 3. Model pembelajaran kontekstual terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan siswa dalam menulis teks eksposisi di kelas VIII-B UPTD SMP Negeri 1 mandrehe dan terbukti memberikan dampak positif yang kuat dalam memotivasi siswa.
This research was conducted using Classroom Action Research. The research location chosen by the researcher was at SMP Negeri 1 Mandrehe. The reasons why the researcher chose the research location were: The researcher wanted to apply the Contextual learning model to improve the ability to write expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 2. The results of the study showed that there was an increase in students' abilities in learning cycle I, with an average learning outcome score of 58.5. The lowest score achieved was 33.3 and the highest score was 85. However, in cycle II, there was a more significant increase with an average learning outcome score reaching 82.9. The lowest score in cycle II was 63.3 and the highest score was 94.1. Thus, it can be concluded that the application of the contextual learning model is effective in improving students' abilities in writing expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe. 3. The contextual learning model has proven effective in improving students' ability to write expository texts in class VIII-B UPTD SMP Negeri 1 Mandrehe and has proven to have a strong positive impact in motivating students.
Most read articles by the same author(s)
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Anaria Zalukhu, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA SLANG MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NIAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Lisaria Zalukhu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI SOSIAL MEDIA (TIK TOK) PADA MATERI FIKSI SISWA KELAS VIII SMP N 4 LAHEWA TIMUR , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Wangi Netralli Lase, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Analisis Keterampilan Berbicara Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas VII SMP Negeri 2 Gunungsitoli Alo’oa , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nurunia Zendrato, Lestari Waruwu, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, PEMEROLEHAN BAHASA ANAK PADA USIA 3-6 TAHUN DI DESA TARAKHAINI KECAMATAN GUNUNGSITOLI ALO’OA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Serius Delvin Laia, Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, ANALISIS DEIKSIS DALAM NOVEL “LAYANGAN PUTUS” KARYA MOMMY ASF , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Linda Tri Utami Zendrato, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENELAAH TEKS EKSPLANASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN STUDENT FACILITATOR AND EXPLAINING DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Julian Mendrofa, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA SMP NEGERI 2 GUNUNGSITOLI UTARA KELAS VIII 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Stanislaus Rahasia Zalukhu, Riana Riana, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN TEKS EKSPOSISI MELALUI METODE MEMBACA INSPEKSIONAL (SKIMMING) SISWA KELAS X SMK NEGERI 3 ALASA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Nika Tri Warna Lase, Lestari Waruwu, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.