PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
Abstract:
This research is based on student teaching materials that are still not productive and creative and have not been maximized in adapting digital-based learning. This study aims to develop e-handout teaching materials, find out the results of the feasibility test of teaching materials and find out the practicality and effectiveness of e-handout teaching materials for Indonesian language for class VIII SMP based on problem based learning. This research is a research that uses the type of development research, namely Research and Development (qualitative R&D with the ADDIE development model consisting of 5 stages of research, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The analysis and acquisition techniques were carried out descriptively qualitatively. Based on the results of the validation carried out, the results of the validation of the material experts obtained were 81% with very feasible criteria, language experts were 77.7% and design experts were obtained at 85% with very feasible criteria. Then the teaching materials were tested through 3 stages, with an average of 70% individual trial results showing a very strong response, small group tests showing a very strong response of 84%, and field tests of 91% showing a very strong response.
Penelitian ini dilatar belakangi pada bahan ajar siswa yang masih belum produktif dan kreatif serta belum maksimal dalam adaptasi pembelajaran yang berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-handout, Mengetahui hasil uji kelayakan bahan ajar dan mengetahui Praktikalitas dan efektivitas bahan ajar e-handout bahasa Indonesia kelas VIII SMP berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan jenis penelitian pengembangan yaitu Research and Development (R&D kualitatif dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan penelitian yaitu analysis (analisa), design (desain/perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik analisis dan perolehan dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi ahli materi yang didapat sebesar 81% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa sebesar 77,7% dan ahli desain didapat sebesar 85 % dengan kriteria sangat layak. Kemudian bahan ajar diuji coba melalui 3 tahapan, dengan rata-rata perolehan uji coba perseorangan sebesar 70% menunjukkkan respon sangat kuat, uji kelompok kecil menunjukkkan respon sangat kuat sebesar 84%, dan uji lapangan sebesar 91% menunjukkan respon sangat kuat.
Most read articles by the same author(s)
- Jessica Nurniat Zebua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Yanida Bu'ulolo, POLA SUKU KATA BENDA BAHASA NIAS DI PEKAN BOTOMBAWÖ KECAMATAN HILISERANGKAI : KAJIAN FONOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Claryta Telaumbanua, Imansudi Zega, Mastawati Ndruru, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM HENDRI-HENDRI PADA TRADISI PERNIKAHAN ADAT NIAS (KAJIAN PRAGMATIK) , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Agnes Linda Astuti Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Lestari Waruwu, ANALISIS ACARA FANGOTOME’Ö SATUA PADA BUDAYA NIAS DI ÖRI LARAGA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Memori Sitefani Lase, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM DIALOG FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA KARYA WIRAPUTRA BASRI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Frengki Faebua Dodo Daeli, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, Riana Riana, ANALISIS NILAI BUDAYA NIAS FAME’E FANGASI SETELAH ACARA PEMAKAMAN DI DESA EHOSAKHOZI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Tati Murni Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, ANALISIS KESALAHAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Masdya Zalukhu, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Riana Riana, PROSES AFIKSASI VERBA BAHASA NIAS DI KABUPATEN NIAS UTARA: KAJIAN MORFOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ferdiaman Zalukhu, Imansudi Zega, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, ANALISIS NILAI-NILAI BUDAYA PADA PESTA PERNIKAHAN DI NIAS , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Thantri Ayu Telaumbanua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Riana Riana, PENGARUH METODE PEMBELAJARAN SURVEY, QUESTION, READ, RECITE, REVIEW (SQ3R) TERHADAP KEMAMPUAN MENGIDENTIFIKASI TEKS PERSUASIF SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Anaria Zalukhu, Noveri Amal Jaya Harefa, Noibe Halawa, Riana Riana, ANALISIS PENGGUNAAN BAHASA SLANG MAHASISWA DI LINGKUNGAN UNIVERSITAS NIAS PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BAHASA DAN SASTRA INDONESIA , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya