PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING
Abstract:
This research is based on student teaching materials that are still not productive and creative and have not been maximized in adapting digital-based learning. This study aims to develop e-handout teaching materials, find out the results of the feasibility test of teaching materials and find out the practicality and effectiveness of e-handout teaching materials for Indonesian language for class VIII SMP based on problem based learning. This research is a research that uses the type of development research, namely Research and Development (qualitative R&D with the ADDIE development model consisting of 5 stages of research, namely analysis, design, development, implementation, and evaluation. The analysis and acquisition techniques were carried out descriptively qualitatively. Based on the results of the validation carried out, the results of the validation of the material experts obtained were 81% with very feasible criteria, language experts were 77.7% and design experts were obtained at 85% with very feasible criteria. Then the teaching materials were tested through 3 stages, with an average of 70% individual trial results showing a very strong response, small group tests showing a very strong response of 84%, and field tests of 91% showing a very strong response.
Penelitian ini dilatar belakangi pada bahan ajar siswa yang masih belum produktif dan kreatif serta belum maksimal dalam adaptasi pembelajaran yang berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan bahan ajar e-handout, Mengetahui hasil uji kelayakan bahan ajar dan mengetahui Praktikalitas dan efektivitas bahan ajar e-handout bahasa Indonesia kelas VIII SMP berbasis problem based learning. Penelitian ini merupakan penelitian yang menggunakan jenis penelitian pengembangan yaitu Research and Development (R&D kualitatif dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan penelitian yaitu analysis (analisa), design (desain/perancangan), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Teknik analisis dan perolehan dilakukan secara deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil validasi yang dilakukan, hasil validasi ahli materi yang didapat sebesar 81% dengan kriteria sangat layak, ahli bahasa sebesar 77,7% dan ahli desain didapat sebesar 85 % dengan kriteria sangat layak. Kemudian bahan ajar diuji coba melalui 3 tahapan, dengan rata-rata perolehan uji coba perseorangan sebesar 70% menunjukkkan respon sangat kuat, uji kelompok kecil menunjukkkan respon sangat kuat sebesar 84%, dan uji lapangan sebesar 91% menunjukkan respon sangat kuat.
Most read articles by the same author(s)
- Laurensia Ndraha, Noibe Halawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Prilian Putri Cahyani Giawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BARU SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Esther Novi Christin Harefa, Lestari Waruwu, Arozatulo Bawamenewi, Yanida Bu'ulolo, PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Putri Harefa, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, MENGANALISIS TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS ASH HABUL KAHFI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Hasrat Ziliwu, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN FLIPCHART PEMBELAJARAN BERBASIS PROBLEM BASED INSTRUCTION PADA MATERI MENGIDENTIFIKASI UNSUR-UNSUR DRAMA DI KELAS VIII SMP NEGERI 2 HILIDUHO , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya