TRANSFORMASI KURIKULUM 13 KE KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MA FUTUHIYYAH 1

Published: Dec 29, 2024

Abstract:

This research is motivated by the transformation that occurred in the curriculum in schools, especially at MA Futuhiyyah 1. With this curriculum transformation, what is the reflection of MA Futuhiyyah 1 in Indonesian language learning. Then steps were taken to draw attention to changes in the curriculum in implementing Indonesian language learning. The aim of this research is to find out and explain the problems that occur due to the transformation of curriculum 13 to an independent curriculum. After knowing the problems that occur, the author will also try to provide solutions that schools can then use. This research uses a qualitative approach to search for valid data and theory and is included in the research methodology section.

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya transformasi yang terjadi pada kurikulum di sekolah-sekolah khususnya di MA Futuhiyyah 1. Dengan adanya tranformasi kurikulum tersebut, bagaimana refleksi dari MA Futuhiyyah 1 dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Lalu langkah yang diambil untuk menarik sikap dari adanya perubahan kurikulum dalam mengimplementasikan pembelajaran bahasa Indonesia. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui dan menjelaskan problematika yang terjadi karena adanya transformasi kurikulum 13 ke kurikulum merdeka. Setelah mengetahui problem yang terjadi, penulis juga akan mencoba memberikan solusi yang kemudian bisa sekolah gunakan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mencari data dan teori yang valid dan disertakan pada bagian metodologi penelitian.

Keywords:
1. transformation, curriculum, Indonesian language learning
Authors:
1 . Muhammad Faqih Jaelani
2 . Aida Azizah
How to Cite
Jaelani, M. F., & Azizah, A. (2024). TRANSFORMASI KURIKULUM 13 KE KURIKULUM MERDEKA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI MA FUTUHIYYAH 1. JURNAL BUANA KATA: PENDIDIKAN, BAHASA, DAN ILMU KOMUNIKASI, 1(4, Oktober), 78–84. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/buanakata/article/view/352