PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MODUL AJAR TEKS REPORT BAHASA INGGRIS BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BAGI CALON GURU DAN GURU BAHASA INGGRIS DI LAMPUNG

Published: Sep 22, 2024

Abstract:

Teaching modules are learning tools consisting of objectives, activity plans, teaching media, and assessments that serve as guidelines for teachers. The specific aim of this community service is that the participants, that is, prospective teachers and English teachers, can write teaching modules for English factual report texts. The training was conducted for two days of direct face-to-face meetings and five working days of assignments without direct face-to-face meetings with the service team. The training participants were 25 prospective English teachers and English teachers in Lampung. The training includes theory related to Kurikulum Merdeka, learning outcomes, developing task-based factual report texts, teaching modules, practice writing teaching modules of English factual report texts, and presentation and evaluation of the modules written by the participants. Assessment of the success of the training is seen from the teaching modules produced by training participants in groups. This community service activity shows that the will-be English teachers and English teachers can create English factual report texts teaching modules following the standards. The total teaching modules produced were five, two for Phase F and three for Phases D and E with different English elements.

Modul ajar merupakan perangkat pembelajaran yang berisi tujuan, rencana kegiatan, materi serta media ajar, dan assessment yang menjadi pedoman bagi guru. Tujuan khusus pengabdian kepada masyarakat ini yaitu peserta pelatihan yang merupakan calon guru dan guru Bahasa Inggris dapat menulis modul ajar teks report faktual Bahasa Inggris. Kegiatan pelatihan ini dilaksanakan selama dua hari tatap muka langsung dan lima hari kerja penugasan tanpa tatap muka langsung dengan tim pengabdi. Peserta pelatihan yaitu 25 calon guru dan guru Bahasa Inggris di Lampung. Pelatihan meliputi penyampaian teori terkait Kurikulum Merdeka, capaian pembelajaran, pengembangan task berbasis factual report texts, modul ajar factual report texts, praktek menulis modul ajar factual report texts Bahasa Inggris, dan presentasi serta evaluasi terhadap modul yang ditulis peserta. Penilaian terhadap keberhasilan pelatihan dilihat dari modul ajar yang dihasilkan peserta pelatihan secara berkelompok. Hasil kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini menunjukkan bahwa calon guru dan guru Bahasa Inggris dapat membuat modul ajar factual report texts Bahasa Inggris sesuai dengan standard. Total modul ajar yang dihasilkan yaitu lima, dengan rincian dua modul ajar untuk Fase F dan 3 modul ajar untuk Fase D dan E dengan elemen Bahasa Inggris yang berbeda.

Keywords:
1. English
2. Phases D, E, and F
3. teaching module
4. report text
Authors:
1 . Ari Nurweni
2 . Muhammad Sukirlan
3 . Mahpul Mahpul
4 . Hery Yufrizal
How to Cite
Nurweni, A., Sukirlan, M., Mahpul, M., & Yufrizal, H. (2024). PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MODUL AJAR TEKS REPORT BAHASA INGGRIS BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BAGI CALON GURU DAN GURU BAHASA INGGRIS DI LAMPUNG. Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(2, Okt), 200–207. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/ela/article/view/199
References

    Derewianka, B. (1990). Exploring How Texts Work. Primary English Teaching Association. New South Wales.

    Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah; Pasal 9

    Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.

    Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.

    Rasul, A. (2022) Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Al-Falah HMM Mimika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Jurnal PGSD UNU NTB, 2(1), 11-24.

    Fatmi, N., Siska, D., dan Nadia, E. (2021) Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika. 4(2), 68-80. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/relativitas/index

  1. Derewianka, B. (1990). Exploring How Texts Work. Primary English Teaching Association. New South Wales.
  2. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah; Pasal 9
  3. Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 008/H/KR/2022 Tentang Capaian Pembelajaran Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, Dan Jenjang Pendidikan Menengah Pada Kurikulum Merdeka.
  4. Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Riset dan Teknologi Nomor 56/M/2022 Tentang Pedoman Penerapan Kurikulum dalam rangka Pemulihan Pembelajaran. Departemen Pendidikan Nasional. Jakarta.
  5. Rasul, A. (2022) Pengaruh Penggunaan Modul Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Matematika Kelas X SMA Al-Falah HMM Mimika. Jurnal Pacu Pendidikan Dasar Jurnal PGSD UNU NTB, 2(1), 11-24.
  6. Fatmi, N., Siska, D., dan Nadia, E. (2021) Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Relativitas: Jurnal Riset Inovasi Pembelajaran Fisika. 4(2), 68-80. http://ojs.unimal.ac.id/index.php/relativitas/index