PENINGKATAN KOMPETENSI PROFESIONAL DALAM MERENCANKAN PEMBELAJARAN BAHASA INGGRIS BERBASIS TPACK UNTUK GURU BAHASA INGGRIS DI SMP DI KECAMATAN TELUK PANDAN, KAB. PESAWARAN MELALUI KEGIATAN MGMP
Abstract:
Pengabdian ini dilaksanakan di Kecamatan Teluk Pandan, Kab.Pesawaran dan peserta melibatkan sekitar 20 orang guru Bahasa Inggris yang berasal dari SMP di Kecamatan Teluk Pandan, dan sekitarnya. Sekolah ini tergabung dalam Sub-Rayon Teluk Pandan. Kegiatannya dilaksanakan di SMPN 25, Teluk Pandan. Kegiatan terfokus pada upaya peningkatan professional guru Bahasa Inggris yang ditekankan pada keterampilan mengembangkan pembelajaran berbasis TPACK di kelas dalam persiapan mengajar, Kegiatan ini merupakan bagian dari kegiatan MGMP Bahasa Inggris di Sub-Rayon Teluk Pandan. Kegiatan ini dilaksanakan oleh empat orang dosen Prodi Pend, Bahasa Inggris, FKIP Universitas Lampung. Diharapkan dengan kegiatan ini kompetensi professional guru meningkat dan pada akhirnya prestasi siswa juga meningkat. Kegiatan pengabdian ini berlangsung 2 hari dengan mencakup seluruh tahapan kegiatan sampai pelaporan selama 3-4 bulan, mulai dari persiapan berbentuk survey lapangan, pembuatan proposal dan perencanaan kegiatan, pelaksanaan dan pembuatan laporan.
This community service was carried out in Teluk Pandan District, Pesawaran Regency and participants involved around 20 English teachers from junior high schools in Teluk Pandan District and its surroundings. This school is part of the Teluk Pandan Sub-Rayon. The activity was carried out at SMPN 25, Teluk Pandan. The activity focused on efforts to improve the professionalism of English teachers which emphasized the skills of developing TPACK-based learning in the classroom in preparation for teaching. This activity is part of the English MGMP activities in the Teluk Pandan Sub-Rayon. This activity was carried out by four lecturers from the English Education Study Program, FKIP, University of Lampung. It is hoped that with this activity the professional competence of teachers will increase and ultimately student achievement will also increase. This community service activity lasted 2 days covering all stages of activities until reporting for 3-4 months, starting from preparation in the form of field surveys, making proposals and planning activities, implementing and making reports.
Most read articles by the same author(s)
- Endang Komariah, Ag. Bambang Setiyadi, Deddy Supriady, Lilis Sholihah, PELATIHAN PERANCANGAN ASESMEN PEMBELAJARAN PARADIGMA BARU BAGI GURU SMP DAN SMK YAYASAN AMAL BAKTI JATI MULYO KECAMATAN JATI AGUNG LAMPUNG SELATAN , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, Okt (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Fajar Riyantika, Feni Munifatullah, Dian Shafwati, Endang Komariah, PELATIHAN MEMBUAT MEDIA PEMBELAJARAN YANG AKTIF DAN EFEKTIF BAGI GURU SMA DI SMA YP UNILA , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, Okt (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat
- Ari Nurweni, Muhammad Sukirlan, Mahpul Mahpul, Hery Yufrizal, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS MODUL AJAR TEKS REPORT BAHASA INGGRIS BERDASARKAN KURIKULUM MERDEKA BAGI CALON GURU DAN GURU BAHASA INGGRIS DI LAMPUNG , Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat: Vol. 3 No. 2, Okt (2024): Education, Language, and Arts: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat