STUDI EFEKTIVITAS METODE RADEC TERHADAP PEMBELAJARAN MENULIS TEKS ANEKDOT PADA SISWA KELAS X SMK DARUSSALAM KARANGPUCUNG
Abstract:
The effectiveness of the RADEC approach in enhancing class X students' anecdotal writing skills at SMK Darussalam Karangpucung is the main subject of this study. This study employed a quantitative approach by administering a pre-test and a post-test. There were 32 pupils in each of the experimental and control groups. The study's findings demonstrate how well the RADEC method works to help class X students at SMK Darussalam Karangpucung produce anecdotal texts. When compared to the control class, the experimental class's average post-test score demonstrated better outcomes. As a result, the RADEC approach can be applied as an alternate teaching strategy to enhance writing abilities, particularly when it comes to creating anecdotal writings.
Efektivitas pendekatan RADEC dalam meningkatkan keterampilan menulis anekdot siswa kelas X di SMK Darussalam Karangpucung menjadi pokok bahasan utama dalam penelitian ini. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan memberikan tes awal dan tes akhir. Jumlah siswa dalam masing-masing kelompok eksperimen dan kontrol adalah 32 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode RADEC berhasil membantu siswa kelas X di SMK Darussalam Karangpucung dalam menghasilkan teks anekdot. Jika dibandingkan dengan kelas kontrol, nilai rata-rata tes akhir kelas eksperimen menunjukkan hasil yang lebih baik. Dengan demikian, pendekatan RADEC dapat digunakan sebagai salah satu alternatif strategi pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan menulis, khususnya dalam hal menulis anekdot.
Downloads
Apryliana, A. (2017). Keefektifan Pendekatan Proses dan Pendekatan Genre Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa SMA. Diksi, 25(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/16181 diakses pada 14 Otober 2024.
Apryliana, A., & Nisa, H. U. (2021). Validasi Media Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Web Kultural. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 177-186. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/1906 diakses pada 21 Oktober 2024.
Burhanudin, B., Maftuh, B., Sujana, A., Sopandi, W., Sapriya, S., & Nanola, N. (2024). The RADEC Learning Model in Primary Schools: A Systematic Literature Review. Mimbar Sekolah Dasar, 11(2), 487-511. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/65596.
Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
.
Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Pahlawan| Vol, 18(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id diakses pada 26 Mei 2024.
Hazmi, N. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/download/734/416 diakses pada 28 Mei 2024.
Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102-109. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/574/pdf diakses pada 31 Mei 2024.
Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. http://repository.iaincurup.ac.id/55/ diakses pada 30 Oktober 2024.
.
Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 109-115. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/download/25459/12328 diakses pada 1 Juni 2024.
Nisa, H. U., & Apryliana, A. (2020). Uji Terbatas Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Berbasis M-Learning. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(1), 71-80. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/1683 diakses pada 21 Oktober 2024.
Nugroho, P. D. L., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Powtoon pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 232-237. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/3169 diakses pada 14 Oktober 2024.
Prastiawati, L., Erliana, E., & Permana, I. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa SMK. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 415-420. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2826.
Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498 diakses pada 24 Mei 2024.
Rahmat, R., & Puspitasari, A. (2023). Pelatihan Menulis Menggunakan Media Gambar Siswa SMPN 1 Sanrobone Kab. Takalar. Madaniya, 4(1), 19-25. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/338 diakses pada 30 Oktober 2024.
Renata, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Liveworksheets Terhadap Higher Order Thinking Skill (Hots) Dan Kreativitaspeserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/32744.
Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness Of Critical Multiliteration Model with Radec Model on The Ability Of Writing Explanatory Text. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-14. https://pdfs.semanticscholar.org/9e58/ba62204f20b938babef84cf6d1b6e9c73afd.pdf dikases pada 31 Mei 2024.
Sopandi, W., & dkk. (2021). Model Pembelajaran RADEC Teori dan Implementasi di Sekolah. Jawa Barat: UPI Press. https://books.google.co.id/books dikutip pada 31 Mei 2024.
Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
Suryadi, A., Damopolii, M. P. D. M., & Rahman, M. A. D. U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?
.
Suryana, S. I., Sopandi, W., Sujana, A., & Pramswari, L. P. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran RADEC. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 225-232. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/1066 diakses pada 25 Oktober 2024.
Wardani, A. K. (2023). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Berorientasi Pada Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Di Kelas XI SMKN 3 Bandung Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). http://repository.unpas.ac.id/65054.
Yulizar, I., Yuni, Y., Putri, D., Ritonga, A. S., Sinaga, E., & Ansori, A. (2024). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 205-220.
Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 21-29. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/download/3/3 diakses pada 28 Mei 2024.
- Apryliana, A. (2017). Keefektifan Pendekatan Proses dan Pendekatan Genre Terhadap Kemampuan Menulis Karangan Argumentasi Siswa SMA. Diksi, 25(1). https://journal.uny.ac.id/index.php/diksi/article/view/16181 diakses pada 14 Otober 2024.
- Apryliana, A., & Nisa, H. U. (2021). Validasi Media Pembelajaran Menulis Cerpen Berbasis Web Kultural. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(2), 177-186. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/1906 diakses pada 21 Oktober 2024.
- Burhanudin, B., Maftuh, B., Sujana, A., Sopandi, W., Sapriya, S., & Nanola, N. (2024). The RADEC Learning Model in Primary Schools: A Systematic Literature Review. Mimbar Sekolah Dasar, 11(2), 487-511. https://ejournal.upi.edu/index.php/mimbar/article/view/65596.
- Dalman. (2016). Keterampilan Menulis. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
- Fauzi, A. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Di Sekolah Penggerak. Jurnal Pahlawan| Vol, 18(2). http://download.garuda.kemdikbud.go.id diakses pada 26 Mei 2024.
- Hazmi, N. (2019). Tugas Guru Dalam Proses Pembelajaran. Journal of Education and Instruction (JOEAI), 2(1), 56-65. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/JOEAI/article/download/734/416 diakses pada 28 Mei 2024.
- Kaban, R. H., Anzelina, D., Sinaga, R., & Silaban, P. J. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran PAKEM terhadap Hasil Belajar Siswa di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 5(1), 102-109. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/download/574/pdf diakses pada 31 Mei 2024.
- Khair, U. (2018). Pembelajaran Bahasa Indonesia dan sastra (BASASTRA) di SD dan MI. AR-RIAYAH: Jurnal Pendidikan Dasar, 2(1), 81. http://repository.iaincurup.ac.id/55/ diakses pada 30 Oktober 2024.
- Marliana, R., & Indihadi, D. (2020). Teknik brainstorming pada model pembelajaran menulis teks narasi. PEDADIDAKTIKA: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 7(2), 109-115. https://ejournal.upi.edu/index.php/pedadidaktika/article/download/25459/12328 diakses pada 1 Juni 2024.
- Nisa, H. U., & Apryliana, A. (2020). Uji Terbatas Keefektifan Pembelajaran Menulis Teks Deskriptif Berbasis M-Learning. Jurnal KIBASP (Kajian Bahasa, Sastra dan Pengajaran), 4(1), 71-80. https://journal.ipm2kpe.or.id/index.php/KIBASP/article/view/1683 diakses pada 21 Oktober 2024.
- Nugroho, P. D. L., Haryadi, H., & Nuryatin, A. (2024). Efektivitas Penggunaan Media Powtoon pada Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Siswa Kelas X SMA Taruna Nusantara Tahun Ajaran 2023/2024. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa, dan Sastra, 10(1), 232-237. https://e-journal.my.id/onoma/article/view/3169 diakses pada 14 Oktober 2024.
- Prastiawati, L., Erliana, E., & Permana, I. (2019). Penerapan Metode Mind Mapping Terhadap Pembelajaran Menulis Teks Anekdot Pada Siswa SMK. Parole: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 2(3), 415-420. https://journal.ikipsiliwangi.ac.id/index.php/parole/article/view/2826.
- Pristiwanti, D., Badariah, B., Hidayat, S., & Dewi, R. S. (2022). Pengertian pendidikan. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 7911-7915. https://journal.universitaspahlawan.ac.id/index.php/jpdk/article/view/9498 diakses pada 24 Mei 2024.
- Rahmat, R., & Puspitasari, A. (2023). Pelatihan Menulis Menggunakan Media Gambar Siswa SMPN 1 Sanrobone Kab. Takalar. Madaniya, 4(1), 19-25. https://madaniya.pustaka.my.id/journals/contents/article/view/338 diakses pada 30 Oktober 2024.
- Renata, W. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Radec Berbantuan Liveworksheets Terhadap Higher Order Thinking Skill (Hots) Dan Kreativitaspeserta Didik Pada Materi Sistem Pencernaan Pada Manusia (Doctoral Dissertation, Uin Raden Intan Lampung). https://repository.radenintan.ac.id/32744.
- Setiawan, D., Hartati, T., & Sopandi, W. (2020). Effectiveness Of Critical Multiliteration Model with Radec Model on The Ability Of Writing Explanatory Text. EduHumaniora: Jurnal Pendidikan Dasar, 12(1), 1-14. https://pdfs.semanticscholar.org/9e58/ba62204f20b938babef84cf6d1b6e9c73afd.pdf dikases pada 31 Mei 2024.
- Sopandi, W., & dkk. (2021). Model Pembelajaran RADEC Teori dan Implementasi di Sekolah. Jawa Barat: UPI Press. https://books.google.co.id/books dikutip pada 31 Mei 2024.
- Sukirman, S. (2020). Tes kemampuan keterampilan menulis dalam pembelajaran bahasa indonesia di sekolah. Jurnal Konsepsi, 9(2), 72-81.
- Suryadi, A., Damopolii, M. P. D. M., & Rahman, M. A. D. U. (2022). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran PAI di Madrasah: Teori dan Implementasinya. CV Jejak (Jejak Publisher). https://books.google.co.id/books?
- Suryana, S. I., Sopandi, W., Sujana, A., & Pramswari, L. P. (2021). Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar Dalam Pembelajaran IPA Menggunakan Model Pembelajaran RADEC. Jurnal Penelitian Pendidikan IPA, 7(SpecialIssue), 225-232. https://jppipa.unram.ac.id/index.php/jppipa/article/view/1066 diakses pada 25 Oktober 2024.
- Wardani, A. K. (2023). Pembelajaran Menulis Cerita Pendek Berorientasi Pada Pengembangan Kreativitas Peserta Didik Dengan Menggunakan Model Radec (Read, Answer, Discuss, Explain, Create) Di Kelas XI SMKN 3 Bandung Tahun Pelajaran 2022/2023 (Doctoral dissertation, FKIP UNPAS). http://repository.unpas.ac.id/65054.
- Yulizar, I., Yuni, Y., Putri, D., Ritonga, A. S., Sinaga, E., & Ansori, A. (2024). Penerapan Media Audio Visual dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Dawuh Guru: Jurnal Pendidikan MI/SD, 4(2), 205-220.
- Yusuf, M., & Syurgawi, A. (2020). Konsep Dasar Pembelajaran. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan dan Studi Islam, 1(1), 21-29. https://jurnal.staiddimakassar.ac.id/index.php/aujpsi/article/download/3/3 diakses pada 28 Mei 2024.
Most read articles by the same author(s)
- Intan Nurul Septiana, Sigit Andi Prasetya Dinata, Agnes Apryliana, EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS TEKS HIKAYATDENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN OSBORN DI KELAS X SMK DARUSSALAM KARANGPUCUNG TAHUN AJARAN 2024-2025 , J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia: Vol. 13 No. 2 (2025): J-Simbol: Jurnal Magister Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia