ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA”

Published: Dec 22, 2024

Abstract:

Folklore as a form of regional literature has many motivations that are associated with everyday life. One form of this literary work is the Nias Folktale "Tuada Bõla". This study was motivated to find out more about the educational values ​​contained in the Nias Folktale "Tuada Bõla" as inspiration and motivation that can be used as a guideline and good teachings in everyday life. This study aims to determine the educational values ​​in everyday life contained in the Nias folktale "Tuada Bõla. This study uses qualitative research with a descriptive analysis method. The data collection technique in this study is a literature study. The researcher analyzes the data, presents the data and then draws conclusions. Based on the results of the study, the Nias Folktale "Tuada Bõla" has (1) religious values, (1) moral values, (3) social values, (4) cultural values. This story provides moral and ethical guidance that is relevant to everyday life and helps shape positive character

Cerita rakyat sebagai salah satu bentuk sastra daerah memiliki banyak motivasi yang dikaitkan dalam kehidupan sehari-hari. Salah satu bentuk dari karya sastra tersebut adalah Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla”. Penelitian ini dilatarbelakangi untuk mengetahui lebih dalam tentang nilai pendidikan yang terkandung dalam Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla” sebagai inspirasi dan motivasi yang dapat dijadikan pedoman dan ajaran yang baik dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai-nilai pendidikan dalam kehidupan sehari-hari yang terdapat dalam cerita rakyat Nias "Tuada Bõla. Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskriptif analisis. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah studi literatur. Peneliti menganalisis data, penyajian data lalu melakukan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh Cerita Rakyat Nias “Tuada Bõla” memiliki (1) nilai religius, (1) nilai moral, (3) nilai sosial, (4) nilai budaya. Cerita ini memberikan panduan moral dan etika yang relevan bagi kehidupan sehari-hari dan membantu membentuk karakter yang positif.

Keywords:
1. Cerita Rakyat, Nias, Nilai Pendidikan
Authors:
1 . Waozatulo Giawa
2 . Mastawati Ndruru
3 . Noveri Amal Jaya Harefa
4 . Yanida Bu'ulolo
How to Cite
Giawa, W., Ndruru, M., Harefa, N. A. J., & Bu'ulolo, Y. (2024). ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA”. Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, Dan Pembelajarannya, 13(1 April), 210–220. Retrieved from https://jurnal.pbs.fkip.unila.ac.id/index.php/Kata/article/view/294