PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK CERPEN DENGAN MEDIA PEMBELAJARAN AUDIOVISUAL PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 HILISERANGKAI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025
Abstract:
This study aims to improve the ability to listen to short stories by using audiovisual learning media in class VIII-1 students of SMP Negeri 1 Hiliserangkai. This study was motivated by the low ability of students in listening. This research is a Classroom Action Research (PTK) conducted in two cycles. Each cycle consists of four stages, namely planning, implementation, observation, and reflection. The subjects of this study were students of class VIII-1 SMP Negeri 1 Hiliserangkai, totaling 32 people. The data collection techniques used were observation and test. The results showed that the use of audiovisual learning media can improve the ability to listen to short stories in students of class VIII-1 SMP Negeri 1 Hiliserangkai. This can be seen from the increase in the average score of students from cycle I to cycle II. In cycle I, the average score of students was 49, while in cycle II the average score of students increased to 90.
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menyimak cerpen dengan menggunakan media pembelajaran audiovisual pada peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menyimak. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Hiliserangkai yang berjumlah 32 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan tes. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran audiovisual dapat meningkatkan kemampuan menyimak cerpen pada peserta didik kelas VIII-1 SMP Negeri 1 Hiliserangkai. Hal ini dapat dilihat dari peningkatan nilai rata-rata peserta didik dari siklus I ke siklus II. Pada siklus I, nilai rata-rata peserta didik adalah 49, sedangkan pada siklus II nilai rata-rata peserta didik meningkat menjadi 90.
Most read articles by the same author(s)
- Nika Tri Warna Lase, Lestari Waruwu, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI TEKS EKSPOSISI KELAS X SMK NEGERI 1 BOTOMUZOI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Aktif Foera-Era Lase, NOVERI AMAL JAYA HAREFA, Mastawati Ndruru, LESTARI WARUWU, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS PERSUASI MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN PICTURE AND PICTURE SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 BOTOMUZOI TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Kaperius Daeli, Lestari Waruwu, Yanida Bu'ulolo, Noibe Halawa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS EKSPOSISI DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KONTEKSTUAL SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 1 MANDREHE , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Sri Wahyuni Gulo, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Noibe Halawa, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR E-HANDOUT BAHASA INDONESIA KELAS VIII SMP BERBASIS PROBLEM BASED LEARNING , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Waozatulo Giawa, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Yanida Bu'ulolo, ANALISIS NILAI-NILAI PENDIDIKAN DALAM CERITA RAKYAT NIAS “TUADA BÖLA” , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Iman Purnama Sari Laoli, Riana Riana, Noibe Halawa, Lestari Waruwu, ANALISIS TINDAK TUTUR LOKUSI ILOKUSI DAN PERLOKUSI DALAM DIALOG FILM ANIMASI ”MERAIH MIMPI” KARYA PHIL MITCHELL , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Junius Laoli , Mastawati Ndruru, Yanida Bu'ulolo, Noveri Amal Jaya Harefa, PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS CANVA PADA MATERI MENULIS TEKS DESKRIPSI SISWA KELAS VII SMP NEGERI 3 HILISERANGKAI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Yarni Kristiani Lahagu, Mastawati Ndruru, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, PENGEMBANGAN BAHAN AJAR BERBASIS KEARIFAN LOKAL PADA TEKS EKSPLANASI MELALUI FLIPBOOK SISWA KELAS VIII SMP SWASTA KRISTEN TOMOSA 1 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Prilian Putri Cahyani Giawa, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Imansudi Zega, PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PUISI BARU SISWA UPTD SMP NEGERI 5 GUNUNGSITOLI TAHUN PEMBELAJARAN 2024/2025 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Putri Harefa, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, MENGANALISIS TINDAK TUTUR GURU DAN SISWA DALAM PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA KELAS VII MTS ASH HABUL KAHFI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya