PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENYIMAK PIDATO SISWA KELAS VIII UPTD SMP NEGERI 3 GUNUNGSITOLI SELATAN
Abstract:
The purpose of this study was to improve students' ability to analyze the structure of speech texts using the Cooperative Learning model. The implementation procedure consists of four stages, namely: (1) Planning, (2) Action, (3) Observation, and (4) Reflection. The researcher used research instruments, namely observation sheets, essay tests, field notes and documentation. The subjects in this study were 25 students of class VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, even semester, consisting of 25 people, 11 male and 14 female. The results of the increase in students' ability to analyze the structure of speech texts in cycle I were the highest score of 74 and the lowest score of 55 with a completion percentage of 63.6%. In cycle II, the lowest score was 75 and the highest score was 90 with a completion percentage of 86%. It was concluded that the application of the Cooperative Learning learning model can improve the ability to listen to speeches of students in class VIII. It is hoped that further researchers will use this research as additional insight to carry out research. .
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan peserta didik dalam menganalisis struktur teks pidato dengan menggunakan model Cooperative Learning. Prosedur pelaksanaannya terdiri dari empat tahap yaitu: (1) Perencanaan, (2) Tindakan, (3) Observasi, dan (4) Refleksi. Peneliti menggunakan instrumen penelitian yaitu lembar observasi, tes essay, catatan lapangan dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII UPTD SMP Negeri 3 Gunungsitoli Selatan, semester genap yang berjumlah 25 orang, laki-laki sebanyak 11 orang dan perempuan sebanyak 14 orang. Hasil nilai peningkatan kemampuan peserta didik menganalisis struktur teks pidato pada siklus I yaitu nilai tertinggi 74 dan nilai terendah 55 dengan presentase ketuntasan 63,6%. Pada siklus II nilai terendah 75 dan nilai tertinggi 90 dengan presentase ketuntasan 86%. Disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan kemampuan menyimak pidato peserta didik di kelas VIII. Diharapkan pada peneliti selanjutnya menggunakan penelitian ini sebagai tambahan wawasan untuk melaksanakan penelitian.
Most read articles by the same author(s)
- Mira Krisdayanti Gea, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, PENINGKATAN KEMAMPUAN MENYIMAK SISWA MENGGUNAKAN MEDIA YOUTUBE PADA PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS VIII SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA TAHUN PEMBELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Niksapta Debora Waruwu, Mastawati Ndruru, Arozatulo Bawamenewi, Lestari Waruwu, ANALISIS NILAI BUDAYA TARI FARITIA HALU DI UPTD SMP NEGERI 1 ULU MORO’O , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Jessica Nurniat Zebua, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, Yanida Bu'ulolo, POLA SUKU KATA BENDA BAHASA NIAS DI PEKAN BOTOMBAWÖ KECAMATAN HILISERANGKAI : KAJIAN FONOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Ester Claryta Telaumbanua, Imansudi Zega, Mastawati Ndruru, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS MAKNA YANG TERKANDUNG DALAM HENDRI-HENDRI PADA TRADISI PERNIKAHAN ADAT NIAS (KAJIAN PRAGMATIK) , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Agnes Linda Astuti Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Arozatulo Bawamenewi, Lestari Waruwu, ANALISIS ACARA FANGOTOME’Ö SATUA PADA BUDAYA NIAS DI ÖRI LARAGA KOTA GUNUNGSITOLI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Memori Sitefani Lase, Mastawati Ndruru, Noibe Halawa, Arozatulo Bawamenewi, ANALISIS PENGGUNAAN GAYA BAHASA DALAM DIALOG FILM SEJUTA SAYANG UNTUKNYA KARYA WIRAPUTRA BASRI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Frengki Faebua Dodo Daeli, Imansudi Zega, Yanida Bu'ulolo, Riana Riana, ANALISIS NILAI BUDAYA NIAS FAME’E FANGASI SETELAH ACARA PEMAKAMAN DI DESA EHOSAKHOZI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Tati Murni Gea, Noveri Amal Jaya Harefa, Lestari Waruwu, Noibe Halawa, ANALISIS KESALAHAN KETERAMPILAN BERBICARA BAHASA INDONESIA DI SMP NEGERI 1 TUHEMBERUA TAHUN PELAJARAN 2023/2024 , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 12 No. 2 Sep (2024): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Fany Erlinawati Hulu, Mastawati Ndruru, Lestari Waruwu, Noveri Amal Jaya Harefa, LEKSIKON METAFORIS DALAM SYAIR MAENA PERNIKAHAN DI DESA HAREFANAESE KECAMATAN ALASA TALUMUZOI KABUPATEN NIAS UTARA: EKOLINGUISTIK , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
- Loriewina Zalukhu, Mastawati Ndruru, Imansudi Zega, Lestari Waruwu, STRUKTUR SUKU KATA KERJA DALAM BAHASA NIAS UTARA: KAJIAN FONOLOGI , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
Similar Articles
- Linda Santi Rozana Mendrofa, Arozatulo Bawamenewi, Riana Riana, Mastawati Ndruru, PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBICARA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN COOPERATIVE THINK PAIR SHARE DALAM PEMBELAJARAN TEKS PIDATO PERSUASIF DI SMP , Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya: Vol. 13 No. 1 April (2025): Jurnal Kata : Bahasa, Sastra, dan Pembelajarannya
You may also start an advanced similarity search for this article.